KETERBACAAN WACANA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) SAHABATKU INDONESIA TINGKAT B1 (PENELITIAN DESKRIPTIF KUANTITATIF)

DWI ENDAH SEPTYANI, . (2020) KETERBACAAN WACANA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) SAHABATKU INDONESIA TINGKAT B1 (PENELITIAN DESKRIPTIF KUANTITATIF). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (559kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterbacaan wacana buku teks BIPA Sahabatku Indonesia tingkat B1 melalui pengukuran fog index dan (2) pemahaman siswa BIPA di Universitas Bina Nusantara terhadap wacana buku teks Sahabatku Indonesia tingkat B1 melalui metode cloze test. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif dari data yang dikumpulkan melalui fog index dan cloze test. Sampel dalam penelitian ini adalah wacana-wacana yang digunakan sebagai bahan ajar keterampilan membaca dalam buku teks BIPA Sahabatku Indonesia tingkat B1 terbitan Kemdikbud RI pada 2016, yakni delapan wacana yang sesuai dengan kriteria fog index dan tiga wacana pada bagian awal, tengah, dan akhir buku teks yang sesuai dengan kriteria cloze test. Ketiga wacana cloze test kemudian diujikan kepada sembilan belas responden yang merupakan siswa BIPA tingkat B1 di Universitas Bina Nusantara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan fog index, buku teks yang diteliti memiliki skor rerata 2,98 dengan kriteria sangat mudah. Sementara itu, berdasarkan cloze test, buku teks yang diteliti memiliki skor rerata 66,02% dengan kriteria independen, artinya wacana dalam buku teks yang diteliti dapat dipahami oleh siswa tanpa bantuan orang lain. Dengan demikian, sebagai representasi buku teks BIPA yang ada, buku Sahabatku Indonesia tingkat B1 menunjukkan kriteria kurang ideal karena kurang menantang bagi siswa meskipun tetap dapat direkomendasikan untuk digunakan, apalagi dengan kemudahan dalam mengaksesnya. Fog index dan cloze test dapat menjadi alternatif yang dapat digunakan pengajar dalam memilihkan wacana yang tepat bagi siswa karena dapat memberikan gambaran tingkat keterbacaan wacana. Kebaruan penelitian ini adalah secara khusus mengkaji keterbacaan buku teks BIPA yang dapat dikatakan masih terbatas. Selain itu, penelitian ini menggunakan dua jenis teknik uji keterbacaan yaitu fog index dan cloze test. *********************** This study aims to determine (1) the readability of BIPA Sahabatku Indonesia textbook discourse at B1 level through fog index measurements and (2) the understanding of BIPA students at Bina Nusantara University on the B1 level Sahabatku Indonesian textbook discourse through the cloze test method. This research uses a quantitative research design with descriptive type of data collected through the fog index and cloze test. The sample in this study were the discourses used as teaching material for reading skills in the BIPA Sahabatku Indonesia textbook level B1 published by the Ministry of Education and Culture in 2016, namely eight discourses that fit the fog index criteria and three discourses at the beginning, middle and end of the book. text that matches the cloze test criteria. The three discourse cloze tests were then tested on nineteen respondents who were BIPA level B1 students at Bina Nusantara University. The research findings show that based on the fog index, the textbook under study has an average score of 2.98 with very easy criteria. Meanwhile, based on the cloze test, the textbook under study had an average score of 66.02% with independent criteria, meaning that the discourse in the textbook under study could be understood by students without the help of others. Thus, as a representation of the existing BIPA textbooks, the Sahabatku Indonesia book B1 level shows less than ideal criteria because it is less challenging for students although it can still be recommended for use, especially with ease of access. Fog index and cloze test can be an alternative that can be used by teachers in choosing the right discourse for students because it can provide an overview of the level of readability of discourse. The novelty of this research is that it specifically examines the readability of BIPA textbooks which can be said to be still limited. In addition, this study uses two types of readability test techniques, namely the fog index and the cloze test.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd. ; 2). Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 2608 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2020 14:32
Last Modified: 23 May 2022 05:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6704

Actions (login required)

View Item View Item