ENDANG KUSUMANINGSIH, . (2020) PENGEMBANGAN MODUL UNTUK PENYETARAAN KOMPETENSI MAHASISWA PERKULIAHAN PIANO MINOR I DI INSTITUT KESENIAN JAKARTA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGER JAKARTA.
Text
Cover_Watermark.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I_Watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2_Watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3_Watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5_Watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text
Lampiran_Watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa modul disertai video pembelajaran untuk menyetarakan kompetensi mahasiswa perkuliahan piano minor I, (2) mendapatkan data empiris tentang efektivitas, daya tarik, efisien dan produktivitas dari modul pembelajaran dalam menyetarakan kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa piano minor di Institut Kesenian Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Pelaksanaan penelitian ini meliputi tujuh tahap yaitu (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan pengembangan, (3) mengembangkan produk, (4) melakukan validasi, evaluasi, revisi, (5) uji coba, evaluasi, revisi, (6) uji lapangan, (7) pengumpulan data dan analisis data. Responden dalam penelitian ini berjumlah 23 orang yang terdiri dari 4 orang valiator, 3 orang uji coba one to one, 6 orang uji kelompok kecil dan 10 orang mahasiswa pada uji lapangan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data meliputi analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa koreksi, kritik, saran dan masukan dari ahli materi, ahli media, dan mahasiswa yang dihimpun untuk memperbaiki produk berupa model yang dikembangkan. Data kuantitatif berupa pengujian hipotesis komparatif antara pre test dan post test. Produk yang dihasilkan adalah sebuah modul berisi 5 pokok bahasan yaitu (1) penggunaan instrumen piano, (2) posisi dan sikap tubuh saat bermain piano, (3) membaca notasi, (4) teknik permainan piano, (5) ekspresi bermain piano. Selain itu modul juga dilengkapi dengan pedoman untuk mahasiswa dan dosen. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran piano minor 1 layak dan efektif digunakan mahasiswa, khususnya mahasiswa yang tingkat awal kemampuannya rendah. Kebaruan penelitian di sini adalah ditujukan untuk perkuliahan piano minor yang diadakan di pendidikan tinggi musik, dengan awal kemampuan yang beragam dengan pemilihan dan penyusunan materi dari berbagai metode namun fungsinya disesuaikan dengan kebutuhan lokal, dan dikemas dengan modul dan video. Melalui pemilihan dan penyusunan materi ajar dari berbagai materi dan berbagai latihan terstruktur dari modul disertai video mahasiswa dapat memiliki kesetaraan kompetensi khususnya dalam hal keterampilan jari-jari dan membaca notasi. Kata kunci: pengembangan modul, penyetaraan, kompetensi mahasiswa, piano minor I ******************** ABSTRACT This research aims to: (1) produce a learning module with video that can equalizate the student competence of piano minor I, (2) get the empiric data of the effective, efficient, interesting and productive of the module for equalizate the student competence of piano minor I in Jakarta Institute of Art, Jakarta, Indonesia. This is a research-and-development type of research. It was is seventh phase: (1) need assessment, (2) planning a development, (3) product development, (4) validation, evaluation, revision, (5) try-out, evaluation, revision (6) field-test, (7) data’s collect and analyze. The number of respondents of this survey were 23, which comprised of 4 validators, 3 senior students for one to one test, 6 senior students and 10 students for sample who followed the piano minor I class as the sample students (field) for improving product. The sample students method used here is purposive sampling. Data analysis methods include qualitative and quantitative analyses. Qualitative data is comprised of correction, critic, suggesting and inputs from the subject expert such as the expert of desain instructional, piano minor learning, language and media. Quantitative data is hipotesis comparative data between pre test and post test. The product of the research is the modul learning of piano minor I contains 5 subject: (1) the utilization of piano, (2) body position and posture when play piano, (3) notation reading, (4) technique of playing piano, (5) expression of playing piano. The module is completed by guidelines for student and lecturer. The novelty the research here is that intended for minor piano 1 lecturer held in music higher education with diverse abilities beginning with the selection and preparation of material from various methods but us function is adapted to local needs and packaged in the form of modules and videos. The finding of this study indicate that the piano minor 1 learning module with video is feasible and effective for students to use, specially students with low ability. Through the selection and preparation of piano teaching materials from various methods and exercises in the module can have a competency equality especially in terms of finger and reading skills notations. Key word : development of learning module, equalization, student competence, piano minor I
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 2515 not found. |
Date Deposited: | 25 Apr 2020 12:16 |
Last Modified: | 25 Apr 2020 12:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6789 |
Actions (login required)
View Item |