Didik Dwi Ristiyadi, . (2016) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN HOLISTIK (Studi Kasus: Sekolah PAUD Maskoki, Jalan Rajawali RT 01/04, Beji, Depok, Jawa Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
0.Cover.pdf Download (26kB) |
||
Text
1.pdf Download (468kB) |
||
Text
2.pdf Download (956kB) |
||
Text
3.pdf Download (138kB) |
||
Text
4.pdf Download (208kB) |
||
Text
5.pdf Download (31kB) |
||
|
Image
Untitled-1.jpg Download (495kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk partisipasi masyarakat dalam mendirikan dan mempertahankan kegiatan belajar mengajar di PAUD Maskoki. Selanjutnya, penulis hendak menjelaskan bagaimana implikasi kurikulum yang diterapkan oleh PAUD Maskoki, adakah perbedaan dengan sekolah PAUD pada umumnya. Penulis hendak mengetahui aktivitas pembelajaran holistik dan partisipasi masyarakat dalam mendukung proses keberlangsungan belajar mengajar di PAUD Maskoki, serta dampak langsung maupun tidak langsung yang dihasilkan dari aktivitas di PAUD Maskoki. Penelitian ini dilakukan di PAUD Maskoki, Jalan Rajawali, Beji, Depok, Jawa Barat. Penelitian dilakukan selama 4 bulan, dimulai sejak bulan september hingga bulan desember 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui metode wawancara dan observasi. Observasi ini dilakukan kepada Kepala sekolah dan pengelola sampah merupakan informan utama dalam penelitian. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang yang terdiri dari 1 orang pendiri (kepala sekolah), 2 orang guru, 1 orang siswa, 2 orang tua siswa dan 2 orang anggota masyarakat jalan Rajawali. Kemudian, untuk memperkuat data penelitian ini dilengkapi dengan dokumentasi bentuk gambar, tabel-tabel dan bagan-bagan yang sesuai dengan data yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum, bentuk partisipasi masyarakat yang dilakukan oleh masyarakat sekitar PAUD Maskoki merupakan wujud dari upaya masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya PAUD. Kurikulum PAUD Maskoki memiliki perbedaan dengan PAUD umumnya, hal ini terlihat pada karakter anak di PAUD Maskoki yang berkembang secara tiga aspek, yakni afektif, kognitif dan psikomotorik. Ketiga aspek tersebut ditumbuh kembangkan dengan pembelajaran edutaitment PAUD dan pembelajaran holistik, yang menggunakan media belajar sampah daur ulang. Selanjutnya, keberadaan PAUD Maskoki memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat dan ekologi (lingkungan).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si, ; 2). Dr. H. Eman Surachman, M.M, |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 12:40 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 12:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/693 |
Actions (login required)
View Item |