PENGARUH BIMBINGAN DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEMANDIRIAN(STUDI EKSPERIMEN PADA TK B AISYIYAH DAN TK B PAUD BUNGA RANGGA DI KABUPATEN INDRAMAYU JAWA BARAT 2015)

HUSAIN IBRAHIM, . (2019) PENGARUH BIMBINGAN DAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEMANDIRIAN(STUDI EKSPERIMEN PADA TK B AISYIYAH DAN TK B PAUD BUNGA RANGGA DI KABUPATEN INDRAMAYU JAWA BARAT 2015). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 Cover-converted.pdf

Download (945kB)
[img] Text
BAB I-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB II-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB III-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
BAB V-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
DI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa. Metode yang digunakan eksperimen di TK Aisyiyah dan TKPAUDBunga Rangga di Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Data dianalisis melalui analisis varians 2x2 dengan menggunakan dua macam perlakuan yaitu bimbingan kelompok (group guidance) dan bimbingan individual (individual guidance). Setiap perlakuan diberikan kepada dua kelompok siswa. Hasil penelitian menunjukkanbahwakemandirian siswa yang diberi bimbingan kelompok lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi bimbingan individual, kemandirian kelompok siswayang pola asuh orangtua demokratis lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang pola asuh orangtua permisif, terdapat pengaruh interaksi antara bimbingan dan pola asuh orangtua terhadap kemandirian, kemandirian siswa yang diberikan bimbingan kelompok lebih tinggi dari yang diberikan bimbingan individual pada kelompok siswa yang pola asuh orangtua demokratis, dan kemandirian siswa yang diberibimbingan individual tidak terdapat perbedaan yang berarti dari yang diberikan bimbingan kelompok pada kelompok siswa yang pola asuh orangtua permisif. Berdasarkan hasilpenelitian ini maka bimbingan kelompok lebih baik digunakan terhadap siswa TK B, dan upaya percepatan kemandirian siswa, bimbingan kelompok lebih baik diberikan kepada siswa yang pola asuh orangtua demokratis, sedangkan bimbingan individual lebih cocok siswa yang pola asuh permisif. ******************** This study aims to determine the effect of parental guidance and parenting on student independence.Experimental methods were used in Aisyiyah Kindergarten and BungaRangga Kindergarten in Indramayu Regency, West Java. Data were analyzed through a 2x2 analysis variant using two types of training, namely group guidance and individual guidance. Each gift is given to two groups of students. The result of study indicated that self-reliance of students whose given group guidance higher than students whose given individual guidance, self -reliance of student' group which have parent upbringing democratic higher than student' group which have parent upbringing permissive, there is any interaction between guidance and parent upbringing toward self-reliance. Self-reliance of students whose given group guidance higher than students whose given individual guidance toward Student' group which have parent upbringing democratic, and there is no significant differences of self-reliance of students whose given individual guidance toward students whose given on individual group on student group which have parent upbringing permissive.Based on the result of study that group guidance better to apply toward Kindergarden student B and attempted to self-relince of student acceleration, group guidance better to use on students whose have parent upbringing democratic while individual guidance more appropriate to apply on student which have parent upbringing permissive

Item Type: Thesis (Doktor)
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2711 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2020 10:38
Last Modified: 24 Apr 2020 10:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7107

Actions (login required)

View Item View Item