PENGARUH METODE INTERVENSI DAN INTELIGENSI TERHADAP KEMAMPUAN PEMUSATAN PERHATIAN ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIF DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF

ENDANG SUTISNOWATI, . (2019) PENGARUH METODE INTERVENSI DAN INTELIGENSI TERHADAP KEMAMPUAN PEMUSATAN PERHATIAN ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIF DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER, PERSETUJUAN, PERNYATAAN, DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, TABEL dan SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (617kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
3.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV Hasil dan pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V. Simpulan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
8. Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data empiris mengenai perbedaan kemampuan pemusatan perhatian anak dengan Gangguan Pemusatana Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH) yang mendapatkan perlakuan dengan metode Back in control dan metode Lovaas, dengan memperhatikan inteligensi peserta didik di kelas 1 dan 2 pada Sekolah Dasar Negeri II Bojongrenget Tangerang (Inklusi). Permasalahan mendasar dalam penelitian ini, adalah pemusatan perhatian anak GPPH, oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode intervensi modivikasi perilaku Back in Control dan Lovaas dengan eksperimen desain faktorial 2x2. Kesimpulan hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh juga interaksi yang sangat signifikan antara metode intervensi Back in Control, Lovaas dan inteligensi terhadap kemampuan pemusatan perhatian anak GPPH, sehingga terjadi simple effect, maka terjadi uji lanjut (uji tukey). Hasil uji t dapat disimpulkan, anak GPPH yang mempunyai inteligensi tinggi, lebih baik kemampuan pemusatan perhatiannya pada saat diberi perlakuan dengan metode Back in Control, dibandingkan dengan perlakuan metode Lovaas. Anak GPPH dengan inteligensi rendah lebih baik kemampuan pemusatan perhatiannya dengan menggunakan perlakuan metode Lovaas, dibandingkan perlakuan dengan metode Back in Control. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemusatan perhatian dengan perlakuan metode Back in Control dan metode Lovaas. ***************** ABSTRACT This study aims to find out empirical data about differences in the ability of focus concentration of Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) children who are treated with the Back in control method and the Lovaas method, by paying attention to the intelligence of students in grades 1 and 2 at Bojongrenget State Elementary School II Tangerang (Inclusive school) The basic problem in this study, is the concentration of ADHD children, therefore this study uses the method of intervention modification of Back in Control and Lovaas method with 2x2 factorial design experiments. Conclusion of Hypothesis testing, there is also a very significant interaction effect between the method of intervention Back in Control, Lovaas and intelligence on the ability to focus concentration on children with ADHD, so that a simple effect occurs, a further test (tukey test) occurs. T test results can be concluded, ADHD children who have high intelligence, better concentration ability when given treatment with the Back in Control method, than Lovaas method treatment. ADHD children with low intelligence have better concentration ability using Lovaas method treatment, than Back in Control method. Thus there is a significant difference between the ability of concentration with the treatment of the Back in Control method and the Lovaas method.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Martini Jamaris M.Sc.Ed. ; 2). Prof.Dr.Mulyono Abdurrahman
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2280 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2020 14:27
Last Modified: 24 Apr 2020 14:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7144

Actions (login required)

View Item View Item