MODEL LATIHAN KETERAMPILAN SMASH BOLA VOLI UNTUK PEMULA USIA SMA

ABDILLAH MUSTAQIM, . (2020) MODEL LATIHAN KETERAMPILAN SMASH BOLA VOLI UNTUK PEMULA USIA SMA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf.pdf

Download (591kB)
[img] Text
surat pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB 1.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV. Pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.Pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
lampiran.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model-model latihan keterampilan smash bola voli untuk pemula usia SMA dan untuk menguji keefektifan dari model yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall dengan menggunakan 10 tahapan dan dengan subjek penelitian adalah atlet pemula usia SMA di kawasan Jakarta Timur. Penelitian ini diawali dengan analisis kebutuhan, perencanaan, membuat produk ujicoba, revisi dan produk final. Uji efektifitas model menggunakan tes keterampilan Smash bola voli yang digunakan untuk mengukur keterampilan smash atlet sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model latihan yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk model latihan ini layak digunakan, pada hasil ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar dapat menerangkan bahwa model tersebut secara keseluruhan dapat dilakukan dengan baik. Dalam hasil uji efektifitas, uji signifikansi perbedaan dengan SPSS 16 paired sample test didapat hasil ketepatan kelompok eksperimen dengan rata-rata nilai beda 10.63 dan kelompok kontrol dengan rata-rata nilai beda 3.23 nilai beda ini merupakan nilai rata-rata peningkatan keterampilan hasil tes dalam kelompok. Selisi dari hasil rata-rata nilai beda kelompok eksperimen dan kelompok kontrol atau mean difference = 7.400, t-hitung = 7.323, df = 58, dengan p- value = 0.000 < 0.05 dan hasil nilai kelompok eksperimen dengan rata-rata nilai beda 1,178 dan kelompok kontrol dengan rata-rata nilai beda 1,306 nilai beda ini merupakan nilai rata-rata peningkatan waktu hasil tes dalam kelompok. Selisi dari hasil rata-rata nilai beda kelompok eksperimen dan kelompok kontrol atau mean difference = 0,127, t-hitung = 7,765 df = 60, dengan p- value = 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil tersebut menunjukan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen yaitu model latihan keterampilan smash bola voli untuk pemula usia SMA memiliki efektifitas yang lebih tinggi dan dapat meningkatkan keterampilan smash bola voli untuk pemula usia SMA Kata Kunci: Model latihan, smash bola voli This study aims to produce volleyball smash skills training models for beginners of high school age and to test the effectiveness of the resulting model. The research method used in this study is the research and development method of Borg and Gall using 10 stages and the subject of the research is beginner high school age athletes in East Jakarta. This research begins with needs analysis, planning, making trial, revision and final product products. The model effectiveness test uses a volleyball Smash skills test which is used to measure the athlete's smash skills before and after the treatment of the developed training model. The results showed that the exercise model product was feasible to use, the results of small group and large group trials could explain that the overall model could be done well. In the effectiveness test results, the significance test for the difference with the SPSS 16 paired sample test obtained the accuracy of the experimental group with an average value of 10.63 and a control group with an average value of 3.23. This difference value is the average value of the increase in test results skills in the group . Selection of the results of the average value of the different experimental group and control group or mean difference = 7,400, t-count = 7,323, df = 58, with p-value = 0,000 <0.05 and the results of the experimental group values with an average value of 1,178 and control group with an average value of 1.306 different values is the average value of the increase in the time of test results in the group. Selection of the mean results of the different values of the experimental group and the control group or mean difference = 0.127, t-count = 7.765 df = 60, with p-value = 0.000 <0.05, it can be concluded that there are significant differences between the experimental group and the control group. These results indicate that the treatment given to the experimental group namely the volleyball smash skill training model for high school age beginners has a higher effectiveness and can improve the volleyball smash skill for high school age beginners Keywords: Training model, volleyball smash

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr.Widiastuti, M.Pd ; 2). Susilo,M.Pd,D.Ed.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 2722 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2020 10:33
Last Modified: 30 Apr 2020 10:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7237

Actions (login required)

View Item View Item