PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

AMALIA, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Siswa perlu memiliki keterampilan proses sains dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu kemampuan komunikasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa tidak setiap siswa memiliki kemampuan komunikasi yang sama, baik dalam komunikasi lisan maupun tulisan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman konsep siswa pada materi yang sedang dipelajari. Penerapan model pembelajaran Concept Attainment diharapkan dapat melatih siswa untuk mengkonstruk konsep-konsep dengan kemampuannya sendiri dan dapat mengungkapkannya secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Reproduksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 16 Jakarta pada Mei 2015. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain only control group. Sampel penelitian masingmasing 30 siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah post test kemampuan komunikasi tulisan, post test pemahaman konsep, dan observasi kemampuan lisan. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t menunjukan hasil tolak Ho pada α 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Reproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rusdi, M. Biomed ; 2). Dra. Yulilina Retno D., M. Biomed
Subjects: Sains > Mikro Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 27 Apr 2020 15:30
Last Modified: 27 Apr 2020 15:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7297

Actions (login required)

View Item View Item