Aprilia Putri Wijayanti, . (2019) PENGEMBANGAN ONLINE COURSE UNTUK MATA KULIAH PEMANFAATAN MEDIA DAN SUMBER BELAJAR DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (94kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text
03. ABSTRACT.pdf Download (27kB) |
|
Text
04. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (641kB) |
|
Text
05. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (210kB) |
|
Text
07. KATA PENGANTAR.pdf Download (78kB) |
|
Text
08. DAFTAR ISI.pdf Download (45kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (136kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (958kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (217kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Download (918kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Download (46kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
|
Text
20. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (68kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Online course sebagai sumber belajar mandiri untuk mata Kuliah Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar. Online Course ini dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa sesuai dengan capaian pembelajaran yang diharapkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengikuti prosedur model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) Analysis: melakukan analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik (2) Design: merencanakan dan merancang komponen-komponen pendukung produk Online Course , (3) Development: mengembangkan Online Course beserta Learning Object, (4) Implementation: melakukan ujicoba produk kepada para ahli dan pengguna, (5) Evaluation: mengevaluasi hasil pengembangan produk dan mengevaluasi hasil belajar peserta didik berdasarkan ujicoba yang telah dilakukan. Penelitian pengembangan ini telah melalui evaluasi yang dilakukan oleh para ahli (expert review) dan pengguna yang mengambil responden Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Dari hasil ujicoba para ahli diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,30 yang berarti termasuk kedalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil dari evaluasi ujicoba one to one dan small group didapat hasil 3,37 yang berarti sangat baik. Evaluasi hasil belajar peserta didik juga didapatkan nilai rata-rata sebesar 94,85%, hasil tersebut menunjukan tujuan pembelajaran yang disusun telah tercapai dengan baik. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan online Course ini dapat digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam proses pembelajaran khususnya dalam memahami materi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd ; 2). Santi Maudiarti, SE., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: ADDIE, Learning Object, Online Course, Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar, Pengembangan. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 02 Oct 2019 15:10 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 07:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/73 |
Actions (login required)
View Item |