PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA PESANTREN MODERN DAAR EL FALAAH PANDEGLANG (Studi Kasus di Kelas X Putra dan Kelas X Putri)

Firdaus Hadi Santosa, . (2015) PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA PESANTREN MODERN DAAR EL FALAAH PANDEGLANG (Studi Kasus di Kelas X Putra dan Kelas X Putri). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK, LEMBAR PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI DLL.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II GAMBARAN LOKASI PENELITIAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB III PEMBELAJARAN SEJARAH DI PMDF.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV KESIMPULAN & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran sejarah yang dilaksanakan di SMA Pesantren Modern Daar El Falaah Pandeglang. Dilakukan dari bulan Maret hingga September 2015. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan inti. Informan kunci adalah Kepala Sekolah SMA Pesantren Modern Daar El Falaah (PMDF), Bapak K. Syafar Umam, MA. Sedangkan untuk informan intinya adalah Pimpinan PMDF, Bapak KH. Muslim Ma’arif, Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum, Bapak Ust. Roby Kasim, S.Pd, guru mata pelajaran sejarah Bapak Ust. Hasan Pratama, S.Pd.I dan siswa kelas X Putra dan X Putri yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran sejarah di SMA Pesantren Modern Daar El Falaah dilakukan penyesuaian antara KTSP dengan lingkungan pesantren, yakni dengan selalu dikaitkan dengan karakteristik keislaman yang khas sebagaimana visi dan misinya. Adapun bentuk nyata dari karakteristik Islam tersebut yakni berupa ayat-ayat Al-qur’an atau hadist yang digunakan sebagai penjelasan dalam setiap materi pembelajaran sejarah. Hal tersebut sangat bergantung terhadap kemampuan gurunya, terbukti meskipun guru sejarahnya tidak berlatar pendidikan sejarah, guru mampu menyesuaikannya dengan minat dan karakteristik peserta didik yang dipengaruhi kuat oleh karakteristik Islam pesantren. Pembelajaran dengan mengkaitkan karakteristik Islam tersebut terlihat dalam komponen perencanaan pembelajaran yakni berupa silabus dan RPP, serta dalam pelaksanaan kegiatan pembelajarannya. ii Perencanaan pembelajaran menunjukan adanya kekhasan tersendiri, yakni berupa penggunaan ayat Al-qur’an atau hadist yang relevan, dalam silabus maupun Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya. Hal tersebut sebagai bentuk inovasi sekolah terhadap KTSP agar dapat sesuai dengan lingkungan sekolah yang merupakan pesantren modern. Sama halnya dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, guru selalu mengkaitkan materi pembelajaran sejarah dengan ayat-ayat Al-qur’an yang sesuai. Salah satunya adalah ketika materi tentang pengertian sejarah, guru mengkaitkan materi dengan Al-qur’an surat Al-Hud ayat 120, tentang kisah-kisah rasul sebagai peringatan dan pengajaran. Adapun cara penyampaiannya adalah guru terlebih dahulu menjelaskan materi pada pertemuan tersebut, barulah kemudian disampaikan ayat-ayat Al-Qur’an yang dianggap sesuai dengan materi tersebut. Ketika menjelaskan materi awal kehidupan manusia, guru menggunakan ayat Al-qur’an sebagai pembanding, karena materi mengenai teori evolusi dianggap tidak sesuai dengan pandangan Islam. Ketika menjelaskan materi tersebut guru berusaha memberikan penjelasan yang berimbang, serta mengajarkan kepada siswa untuk bersikap toleran dan lebih mengkritisi materi kontroversi tersebut. Hal tersebut sesuai dengan hakikat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang berlandaskan pada otonomi pengembangan pendidikan yang diserahkan pada sekolah atau satuan pendidikan untuk mengembangkannya sesuai dengan lingkungan, serta kebutuhan masing-masing. Berdasarkan hasil temuan bahwa pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran sejarah dengan Al-Qur’an tersebut mampu dilakukan guru yang tidak berlatar pendidikan sejarah serta mendapat respon yang baik dari siswa, karena sesuai dengan minat dan intelegensi siswa yang dipengaruhi oleh pemahaman siswa mengenai Al-Qur’an dan Hadits yang sudah melekat kuat di lingkungan pesantren.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Corry Iriani R. M.Pd, ; 2). Nur’aeni Marta M.Hum
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2019 16:00
Last Modified: 28 Oct 2019 16:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item