HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 8 JAKARTA

HAPSARI KUSUMANINGTYAS, . (2016) HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3415097722-hapsari kusumaningtyas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)

Abstract

Self-Regulated Learning adalah proses pengaturan diri dalam belajar pada diri siswa dengan siswa menentukan tujuan, memilih strategi untuk mencapai tujuan dan kemudian mengevaluasi hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self- Regulated Learning dengan prestasi belajar biologi siswa SMAN 8 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Jakarta pada bulan April 2016. Metode yang digunakan adalah metode dekriptif dengan studi korelasional. Subjek penelitian adalah 72 siswa kelas X yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Skor rata-rata tes Self-Regulated Learning siswa adalah 71,58 dan skor rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 81,04. Hasil uji prasyarat dengan kolmogorov-Smirnov dan Uji Bartlett, data dinyatakan normal dan homogen. Hasil uji regresi dan uji linieritas diperoleh dengan model regresi sederhana Ý = 80,085 + 0,013X yang bersifat signifikan dan linier pada taraf signifikansi 0,849 dengan koefisien korelasi (rxy) berkriteria rendah yaitu 0,023, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat Self-Regulated Learning dan prestasi belajar siswa. Menurut hasil perhitungan koefisien determinasi, kontribusi Self- Regulated Learning terhadap prestasi belajar biologi siswa adalah sebesar 0,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ernawati, M.Si ; 2). Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed
Subjects: Sains > Mikro Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Biologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Apr 2020 11:37
Last Modified: 30 Apr 2020 11:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7434

Actions (login required)

View Item View Item