Asyifa Ulam, . (2014) HIKMAH DALAM DIWAN ABU TAYYIB AL-MUTANABBI DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN TELAAH SASTRA ARAB. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Asyifa Ulam 2715100102 (Hikmah Dalam Di̅Wa̅N Abu Tayyib Al-Mutanabbi Dan Implikasinya Dalam Penga.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang macam- macamhikmah serta implikasinya dalam pengajaran telaah Sastra Arab bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta Penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi pustaka yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis hikmah dalam d AbiTayyib alMutanabbi. Dan dari hasil penelitian ini bahwasanya puisi dari 295 bait yang dianalisis pada d AbiTayyib al-Mutanabbi, tersebar pada 9 tema. Dan dari 4 macam hikmah yang terdapat pada teori sebelumnya yakni, hikmah perkataan, hikmah perbuataan (hikmah praktis), hikmah hati, dan hikmah teoritis hanya terdapat 3 hikmah dalam pusi tersebut, yakni hikmah perkataan, hikmah perbuatan, dan hikmah hati. Dan dari hikmah perkataan terdapat 13 bait (32,5 %), hikmah perbuatan terdapat 11 bait (27,5 %), sedangkan hikmah hati terdapat pada 16 bait (40%). Sedangkan implikasinya terhadap pengajaranAnalisis Sastra Arab adalah hendaknya bait-bait syair yang didalamnya terdapat macam-macam hikmah dimasukkan ke dalam materi pembelajaran bahasa Arab khususnya di dalam pengajarantelaah sastra di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta agar dapat memperluas wawasan mahasiswa mengenai bahasa dan sastra Arab serta dapat mengaplikasikan hikamah-hikmah tersebut dalam kehidupan sehari-hari
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nuruddin, M.A. ; 2). Drs. M. Aziz Ritonga |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 11:11 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 11:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/748 |
Actions (login required)
View Item |