EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGEMBANGAN STAF PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK.

DARMAYANTI D. TAMIN, . (2019) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGEMBANGAN STAF PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan pengembangan Staf di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (program PPS BNI) guna menyediakan penilaian dari efektivitas dan memberi masukan dalam peningkatan program dimaksud. Pada penelitian ini digunakan evaluasi model CIPP (Contex, Input, Process, Product) dalam mengevaluasi program PPS BNI. Metode campuran dari kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam menganalisa data. Analisa data dengan metode kualitatif digunakan pada data yang bersumber dari wawancara terhadap 8 informan, observasi, dan telaah dokumen, sedangkan metode kuantitatif yang menggunakan analisa data dengan statistik deskriptif untuk data bersumber dari kuesioner dengan 72 responden. Informan dan responden berasal dari peserta, tenaga pengajar/instruktur dan tenaga pengelola dari program PPS BNI. Hasil penelitian pada latar kebutuhan penyelenggaraan program PPS BNI menunjukkan adanya kebutuhan peningkatan kompetensi peserta Diklat untuk memenuhi kompetensi sebagai staf BNI, dan kebijakan yang berkaitan dengan program dimaksud telah dibuat tertulis. Input dari program berupa strategi dan sumber daya memenuhi kriteria yang mendukung keberhasilan program PPS BNI. Pelaksanaan program PPS BNI berjalan sesuai dengan strategi Diklat yang telah dibuat. Hasil kelulusan peserta Diklat di atas target, dan manfaat program untuk peningkatan kompetensi mendapat penilaian baik dari peserta program pendidikan dan pelatihan ini. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memperlihatkan pelaksanaan penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan dengan menerapkan teori dari para pakar pendidikan dan pelatihan mendukung keberhasilan penyelanggaraan program Diklat. The aim of this research is to evaluate education and training of officer development program, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., and to provide assessments and feedback of the education and training program’s effectiveness for sustainable improvement. In this research, CIPP Evaluation Model (Context, Input, Process, Product) is used in evaluate PPS BNI program. Mixed methods that qualitative and quantitative is applied in data analyses. Data analysis by qualitative is used the source of data has been obtained through interviewing with 8 informan, observation and literature study. Quantitative method uses data analysis with statistical descriptive for data from questioner with 72 respondent. Informan and responden who came from participants, teachers/instructurs and stafs of program PPS BNI. The research result in background of PPS BNI program implementation indicate new employees in officer position need training for improve their competency as BNI officer, and the program policy already be made written. Inputs of PPS BNI program are strategy and resources support the success of the program. Implementation of the program runs as well as strategy already been made. The results of participants passing above the target, and the benefits of the program for competence improvement are well appraised by the participants of this education and training program. This research give contribution to show implementation of education and training program by applying theory of education and training experts support good achievement.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Maruf Akbar, M.Pd ; 2). Dr. Sugiarto Sutomo, M.A
Subjects: Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Divisions: PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Darmayanti D. Tamin .
Date Deposited: 04 May 2020 11:04
Last Modified: 04 May 2020 11:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7494

Actions (login required)

View Item View Item