RIDWAN FIRMANO, . (2015) ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AKUNTANSI PADA SISWA SMK NEGERI 48 DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (76MB) |
Abstract
RIDWAN FIRMANO. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Akuntansi Pada Siswa SMK Negeri 48 di Jakarta. Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar bidang studi akuntansi pada siswa SMK Negeri 48 di Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan terhitung sejak bulan Agustus 2014 sampai dengan bulan Desember 2014. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan akuntansi sebanyak 75 siswa. Dari jumlah populasi tersebut diambil sampel sebanyak 62 siswa berdasarkan pada tabel penentuan sampel dari Isaac dan Michael. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 69,96 + 0,110X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi Y atas X menunjukkan bahwa galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan oleh perhitungan yang menunjukkan bahwa Lhitung (0,075) < Ltabel (0,113) dengan menggunakan Uji Liliefors pada taraf signifikan (α) = 0,05. Dalam uji keberartian dan kelinieran regresi menggunakan Tabel Analisis Varians (ANAVA). Dari hasi luji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 34,99 > Ftabel = 3,99 yang menyatakan regresi berarti. Dari hasil uji linieritas regresi diperoleh Fhitung = 1,80 < Ftabel = 2,21 yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0,607 sedangkan hasil dari uji signifikansi Diperoleh thitung sebesar 5,92 dan ttabelsebesar 1,67. Dikarenakan thitung > ttabel maka disimpulkan bahwa koefisien korelasi signifikan sehingga terdapat hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar bidang studi akuntansi pada siswa SMK Negeri 48 di Jakarta. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan 36,83% variasi variabel Y ditentukan oleh variabel X. Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1)Dr. Corry Yohana, MM., 2)Dita Puruwita, M.Si., |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Depositing User: | Sigit . |
Date Deposited: | 05 May 2020 06:19 |
Last Modified: | 05 May 2020 06:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7526 |
Actions (login required)
View Item |