PENGARUH KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS SMA NEGERI 12 JAKARTA

SITI SAPTARI QOMARIAH, . (2015) PENGARUH KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X IIS SMA NEGERI 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Siti Saptari Qomariah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

SITI SAPTARI QOMARIAH. Pengaruh Kualitas Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa X IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IIS SMA Negeri 12 Jakarta. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar pada tataran Sekolah Menengah Atas. Penelitian dilakukan pada bulan Maret hingga Mei 2015 di SMA Negeri 12 Jakarta. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan korelasional. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Uji validitas menggunakan rumus product momen dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil 0,893 untuk instrumen kualitas media pembelajaran, serta 0,903 untuk instrumen minat belajar artinya memiliki tingkat keajekan (reliabel) sangat tinggi. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS 1, X IIS 2 dan X IIS 3 yang berjumlah 108 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling atau sensus. Sensus adalah cara pengumpulan seluruh elemen diselidiki satu persatu yang hasilnya merupakan data sebenarnya atau disebut parameter. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dimana kualitas media pembelajaran berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, minat belajar berpengaruh langsung terhadap hasil belajar serta kualitas media pembelajaran berpengaruh langsung terhadap minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya kualitas media pembelajaran (X1) yang secara langsung mempengaruhi hasil belajar adalah 0,4092 = 0,167 atau 16,7%, besarnya pengaruh minat belajar (X2) yang secara langsung mempengaruhi hasil belajar adalah 0,3552 = 0,126 atau 12,6%, dan besarnya pengaruh kualitas media pembelajaran (X1) terhadap hasil belajar (Y) dengan dimoderatori oleh minat belajar (X2) sebesar 0,154 atau 15,4%. Pengaruh kualitas media dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,421 menunjukkan variasi hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh kualitas media pembelajaran dan minat belajar sebesar 42,1%, sedangkan siswanya 57,9% ditentukan faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Keeratan hubungan secara simultan antara variabel kualitas media pembelajaran, minat belajar dan hasil belajar ekonomi siswa adalah kuat sebesar 0,649

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Dr. I Ketut R Sudiarditha, M.Si, 2)Ari Saptono SE, M.Si,
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: Sigit .
Date Deposited: 05 May 2020 07:07
Last Modified: 05 May 2020 07:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7534

Actions (login required)

View Item View Item