PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS 7E DENGAN JURNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARKHAEA DAN BAKTERI

SISKA FAUZIAH, . (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS 7E DENGAN JURNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARKHAEA DAN BAKTERI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
3.ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
4.DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
5.BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
6.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
7.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
8.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
9.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
12.SURAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran siklus 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate dan Extend) dengan jurnal belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi Arkhaea dan Bakteri. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 52 Jakarta pada bulan November 2015. Sampel penelitian diambil 32 siswa tiap kelas dari dua kelas sampel secara simple random sampling. Metode dan desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan yaitu tes objektif berupa pilihan ganda, penilaian afektif, penilaian psikomotorik, jurnal belajar serta observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diambil yaitu nilai pretest, posttest, afektif, dan psikomotorik. Nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa kelas eksperimen dan kontrol ialah 79 dan 73. Hasil perhitungan uji prasyarat analisis data menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada penerapan model pembelajaran siklus 7E dengan jurnal belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi Arkhaea dan Bakteri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mieke Miarsyah, M.Si, ; 2). Dra. Yoswita Rustam, M.Si,
Subjects: Sains > Mikro Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 06 May 2020 13:05
Last Modified: 06 May 2020 13:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7571

Actions (login required)

View Item View Item