STUDI TINGKAT DAYA TARIK OBJEK WISATA ALAM (Studi Kasus Kawasan Ekowisata Mangrove dan Taman Wisata Alam Angke Kapuk Di Kelurahan Kapuk Muara Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara)

Hayati Indah Ibrahim, . (2016) STUDI TINGKAT DAYA TARIK OBJEK WISATA ALAM (Studi Kasus Kawasan Ekowisata Mangrove dan Taman Wisata Alam Angke Kapuk Di Kelurahan Kapuk Muara Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK DAN LAIN LAIN.pdf

Download (267kB)
[img] Text
AKSESIBILITAS.pdf

Download (211kB)
[img] Text
ATRAKSI.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB I-III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV V KESIMPULAN.pdf

Download (571kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat pengunjung dan beberapa pengelola/penjaga mengenai tingkat daya tarik objek wisata alam di Kelurahan Kapuk Muara dengan meneliti berdasarkan indikator: 1) atraksi wisata; 2) fasilitas wisata; dan 3) aksesibilitas wisata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Desember 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah pengunjung dan pengelola/penjaga objek wisata alam mangrove di Kawasan Ekowisata Mangrove dan Taman Wisata Alam Angke Kapuk dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden dan dipilih dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik perhitungan persentase dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua objek tersebut memiliki 1) atraksi wisata yang menarik terutama pemandangannya yang indah dan natural yang dapat menjadi potensi terbesar di dalam daya tarik objek wisata alam tersebut; 2) fasilitas wisata yang memadai terutama penginapannya yang memiliki bentuk yang unik; 3) aksesibilitas wisata yang cukup terjangkau. Potensi daya tarik wisata terbesar yang dimiliki Kawasan Ekowisata Mangrove yaitu pemandangannya yang indah dengan sejuknya rerimbunan tumbuhan, biaya tiket masuk yang lebih murah, serta adanya tempat pemancingan. Sedangkan potensi daya tarik wisata terbesar yang dimiliki Taman Wisata Alam Angke Kapuk yaitu pemandangannya yang indah dengan kelebihan atraksi yang lebih menarik seperti adanya bird watching/menara pantau burung, penyewaan perahu untuk wisata air, serta bentuk penginapannya yang unik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muhammad Zid, M.Si ; 2). Drs. Parwata
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 29 Oct 2019 12:15
Last Modified: 29 Oct 2019 12:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item