AGUS ARIYANI, . (2016) PENGARUH METODE TANGAN DIBAWAH TANGAN (HAND UNDER HAND) TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF SISWA MULTIPLE DISABLE with VISUAL IMPAIRMENTS (Subject Single Research Siswa Pendidikan Dasar di SLB-G Rawinala Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
Cover SUP.pdf Download (488kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
|
Text
lembar persetujuan dan Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (111kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
|
Text
bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Metode Tangan Dibawah Tangan (Hand Under Hand) terhadap kemampuan bahasa ekspresif siswa MDVI kelas dasar SLB G Rawinala. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan penilaian skor, 1 jika siswa masih memerlukan banyak bantuan, 2 jika memerlukan sedikit bantuan, dan 3 jikamelakukantanpabantuandenganmenggunakanlembar instrument pencatatan kejadian terhadap kemampuan bahasa ekspresif dalam hal mengungkapkan keinginan melalui 3 kosakata. Adapun penelitian dilakukan menggunakan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif sehingga terjadi peningkatan terhadap kemampuan bahasa ekspresif pada siswa dengan pengumpulan data yang diperoleh pada saat intervensi dan baseline A2. Hasil ini adalah suatu upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan bahasa siswa MDVI di SLB G Rawinala Jakarta Timur. Implikasi hasil penelitian adalah dapat diketahui bahwa penerapan Metode Tangan Dibawah Tangan (Hand Under Hand) pada siswa MDVI kelas dasar membawa pengaruh terhadap kemampuan bahasa ekspresif dalam hal mengungkapkan keinginan, sehingga hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode Tangan Dibawah Tangan dapat digunakan dalam mengembangkan bahasa ekspresif lainnya sesuai kebutuhan siswa dalam kegiatan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Bahrudin, M.Pd ; 2). Indra Jaya, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 08 May 2020 15:55 |
Last Modified: | 08 May 2020 15:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7601 |
Actions (login required)
View Item |