ALAN DWITARA ATMASAPUTRA, . (2016) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI PADA PASIEN DEWASA DIABETES MELLITUS TIPE 2. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf Download (316kB) |
|
Text
BAB I JUNI 2016.pdf Download (223kB) |
|
Text
BAB II JUNI 2016.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text
BAB III JUNI 2016.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
Text
BAB IV JUNI 2016.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
Text
BAB V JUNI 2016.pdf Download (88kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) |
Abstract
Tingginya tingkat penderita diabetes mellitus tipe 2 di Indonesia, menjadi fenomena masalah yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi pada pasien dewasa diabetes mellitus tipe 2. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien dewasa diabetes mellitus tipe 2 yang berdomisili di Jakarta yang berjumlah 50 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Alat pengumpul data berupa kuisioner CD-RISC yang dikembangkan oleh Connor - Davidson dan ISEL-12 serta BSSS yang dikembangkan oleh Merz dan Schwarzer - Schulz. Hasil analisis data penelitian diperoleh nilai p= 0,001 < α 0,05, nilai F Hitung= 13,780 > F Tabel= 4,06 (1:48) dan persamaan regresi menunjukan Y= 19,180 + 0,872 X. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dukungan sosial terhadap resiliensi pada pasien diabetes mellitus tipe 2.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Fellianti Muzdalifah, M. Psi ; 2). Mira Ariyani, Ph.D |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 11 May 2020 14:32 |
Last Modified: | 17 May 2022 06:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7623 |
Actions (login required)
View Item |