UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN GUNTUR 09 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

ABDUL DJABAR METAN FAUNAN, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN GUNTUR 09 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi 02.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita metematika pada siswa kelas V di SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian dilakukan di SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, instrumen tes menyelesaikan soal cerita, dokumen aktivitas pembelajaran. Berdasarkan data dan hasil kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita menunjukkan bahwa hasil pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan sebesar 58,92% siklus II mencapai 92,57% dari jumlah siswa. Adapun aktivitas siswa siklus I adalah 56,95% dan siklus II mencapai 87,42%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika tentang soal cerita dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita, keaktifan siswa dan kualitas pembelajaran di kelas V SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian adalah pendekatan kontekstual dapat dijadikan sebagai salah satu stategi belajar untuk memudahkan siswa untuk memahami soal cerita dengan siswa yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd ; 2). Dra. Endang M. Kurnianti, M.Ed,
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Oct 2019 12:36
Last Modified: 29 Oct 2019 12:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item View Item