ANDI RACHMAN HALIM, . (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH SMPN 34 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK INDO-INGG.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (162kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
|
Text
SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR SIDANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (104kB) |
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SMPN 34 Kota Bekasi tepatnya dibidang implementasi manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen kurikulum dan pembelajaran serta penerapan manajemen peserta didik berbasis sekolah yang dilihat dari aspek implementasi atau penerapan manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu. Penelitian dilaksanakan sejak bulan Mei 2016 sampai Juli 2016. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data penelitian berasal dari informan kunci yaitu Kepala Sekolah serta beberapa informan pendukung yaitu wakil kepala sekolah kurikulum, wakil kepala sekolah kesiswaan, guru, dan pegawai staff tata usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan manajemen kurikulum dan pembelajaran sudah mengacu pada peraturan pemerintah berdasarkan undang-undang yang diberikan pihak sekolah melakukan pengembangan kurikulum untuk strategi peningkatan mutu dengan mengadakan pelatihan-pelatihan untuk seluruh dewan guru dalam upaya peningkatan mutu kurikulum yang diterapkan. Kurikulum yang diterapkan memiliki perbedaan yaitu mengadaakan tadarus sebelum kegiatan belajar mengajar dilakukan. Pengembangan kurikulum memperoleh perbaikanperbaikan dengan mengetahui kelemahan dan kekuatan dari kurikulum yang diterapkan guna peningkatan mutu sekolah. Setelah mengetahui pengembangan kurikulum pihak sekolah bersama-sama dewan guru dalam wadah musyawarah kepala kepala sekolah wilayah bekasi guna peningkatan mutu sekolah. (2) Penerapan manajemen peserta didik berbasis sekolah melalui PPDB Online dan program yang dibentuk. Tujuannya mengatur peserta didik menunjang proses belajar mengajar. Tujuan khususnya menggali potensi peserta didik bidang akademik dan non akademik. Pretest dilakukan untuk mengelompokkan peserta didik agar mengetahui mutu dan input atau output yang baik guna mendongkrak peningkatan mutu sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Wahyu Sri Ambar Arum, M.A ; 2). Dr. Siti Zulaikha, S. Ag, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2020 10:27 |
Last Modified: | 12 May 2020 10:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7637 |
Actions (login required)
View Item |