EVALUASI PROGRAM KURIKULUM BERDASARKAN STANDAR ISI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PISANGAN TIMUR 10 PAGI JAKARTA

ARLYTA DWI ANGGRAINI, . (2016) EVALUASI PROGRAM KURIKULUM BERDASARKAN STANDAR ISI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PISANGAN TIMUR 10 PAGI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 LEMBAR JUDUL.pdf

Download (43kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3 LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
4 LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5 LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
6 LEMBAR DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
8 BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
9 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
10 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum yang masih digunakan oleh sebagian sekolah yang ada di Indonesia. Sekolah Dasar Negeri Pisangan Timur 10 Pagi merupakan salah satu sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Diberikannya otonomi dalam pengembangan kurikulum, maka sekolah mendapat tanggung jawab penuh dalam merancang kurikulum yang akan digunakan dalam satu tahun ajaran. Tentu dengan memperhatikan kearifan lokal, potensi lokal, dan kesiapan dari sekolah itu sendiri. Standar isi merupakan salah satu dari 8 Standar Nasional Pendidikan yang di dalamnya terdapat tata cara perencanaan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan penelitian di Sekolah Dasar Negeri Pisangan Timur 10 Pagi dengan menggunakan metode deskriptif evaluative dan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Peneliti menggunakan model CIPP karena pembagian keempat komponen yang ada memudahkan peneliti dalam mengevaluasi standar isi di tempat penelitian. Penelitian yang dilaksanakan memberikan beberapa gambaran serta beberapa penilaian dari peneliti sendiri berdasarkan instrumen yang peneliti gunakan di antaranya seperti kesesuaian pembuatan silabus, media pembelajaran, kualifikasi dan kompetensi guru, dan 18 komponen akreditasi yang sesuai dengan Badan Akreditasi Nasional. Hasil yang diperoleh untuk komponen konteks adalah kesesuaian tujuan, latar belakang, dan prinsip pengembangan kurikulum sesuai dengan Peraturan Pemerintah. Untuk komponen input adalah perangkat pembelajaran dan kualifikasi dan kompetensi guru telah sesuai dengan ketentuan peraturan. Untuk komponen proses adalah tata cara perencanaan dan pelaksanaan kurikulum yang sesuai dengan peraturan. Terakhir yaitu komponen produk dengan 18 komponen standar isi mendapatkan skor 94,44 yang menandakan bahwa pelaksanaan standar isi di sekolah ini memenuhi kriteria sangat baik dan direkomendasikan untuk digunakan kembali pada tahun ajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rugaiyah, M.Pd ; 2). Dr. Desi Rahmawati,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 13 May 2020 12:32
Last Modified: 13 May 2020 12:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7654

Actions (login required)

View Item View Item