MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA CONGKLAK PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS II (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 6 Jakarta Barat)

ARMITA AMALIA SHOLEHA, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA CONGKLAK PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS II (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 6 Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (97kB)
[img] Text
2 Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
4 Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB)
[img] Text
15. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai peningkatan kemampuan matematika operasi hitung penjumlahan melalui penggunaan media congklak pada peserta didik tunarungu kelas II di SLB Negeri 6 Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 2 peserta didik tunarungu. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi gambar. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan kemampuan yang diharapkan lebih dari skor yang ditentukan yaitu 60, sehingga penelitian diakhiri hanya pada dua siklus saja. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media congklak dapat meningkatkan kemampuan matematika operasi hitung penjumlahan pada peserta didik tunarungu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M. Pd ; 2). Drs. H. Ibrahim Abidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 13 May 2020 13:15
Last Modified: 13 May 2020 13:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7656

Actions (login required)

View Item View Item