PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TENTANG SISTEM TATA SURYA BERBASIS CD INTERAKTIF DI KELAS VI SDN KAPUK 02 PAGI

ATIKA FAUZIAH, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA TENTANG SISTEM TATA SURYA BERBASIS CD INTERAKTIF DI KELAS VI SDN KAPUK 02 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (175kB)
[img] Text
2. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
3. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
4. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
11. LEMBAR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
13. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA tentang sistem tata surya sehingga kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih aktif, menyenangkan, bermakna, serta membuat peserta didik menjadi mandiri. Penelitian dilaksanakan di SDN Kapuk 02 Pagi dengan sampel yang digunakan sebanyak 23 siswa. Responden dalam penelitian ini terdiri dari uji ahli (uji media, uji bahasa, dan uji materi), uji coba one to one, dan uji coba small group. Data diperoleh melalui pemberian angket kepada masing-masing responden. Hasil pengembangan CD Interaktif Tata Surya dinilai oleh ahli media dengan kelayakan produk 88,3%, ahli materi dengan kelayakan 86,7%, dan ahli bahasa dengan kelayakan 95%. Semua penilaian masuk ke dalam kategori sangat baik. Tahap selanjutnya CD Interaktif tentang Sistem Tata Surya dinilai oleh 3 responden (uji coba one to one) dengan kelayakan produk 90%. Berikutnya CD Interaktif Sistem Tata Surya diujicobakan kepada 20 responden (uji coba small group) dengan kelayakan produk 90,3%. Penilaian yang dilakukan responden masuk ke dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran ini harus terus dilakukan. Implikasi hasil penelitian ini adalah menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, aktif, dan bermakna bagi peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd., ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 13 May 2020 16:13
Last Modified: 13 May 2020 16:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7663

Actions (login required)

View Item View Item