MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI BERMAIN ULAR TANGGA (Penelitian Tindakan Kelas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Kelurahan Jati, Pulogadung Jakarta Timur)

CHAIRUN NISA, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI BERMAIN ULAR TANGGA (Penelitian Tindakan Kelas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Kelurahan Jati, Pulogadung Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi, Kelurahan Jati, Pulogadung Jakarta Timur melalui pembelajaran yang menerapkan bermain ular tangga. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam satu siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok B TK Pelangi, Kelurahan Jati, Pulogadung Jakarta Timur yang kemampuan membaca permulaannya masih rendah dengan jumlah sebanyak 10 anak. Prosentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil analisis data pada pra penelitian didapat prosentase sebesar 39,57%. Setelah diberikan tindakan, prosentase meningkat mencapai menjadi 80,54%. Data yang diperoleh pada siklus I sudah mencapai target, maka peneliti tidak melanjutkan ke siklus II. Hal ini berarti dari pra penelitian sampai siklus I memiliki kenaikan 40,97%. Berdasarkan keberhasilan prosentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan membaca permulaan anak usia dini dapat meningkat dengan memberikan pemahaman simbol, pemahaman bunyi huruf, dan pemaknaan sebuah kata pada tulisan yang tercetak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi ; 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 15 May 2020 14:05
Last Modified: 15 May 2020 14:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7676

Actions (login required)

View Item View Item