CHAIRUN NISA, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI BERMAIN ULAR TANGGA (Penelitian Tindakan Kelas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pelangi Kelurahan Jati, Pulogadung Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (193kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi, Kelurahan Jati, Pulogadung Jakarta Timur melalui pembelajaran yang menerapkan bermain ular tangga. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam satu siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok B TK Pelangi, Kelurahan Jati, Pulogadung Jakarta Timur yang kemampuan membaca permulaannya masih rendah dengan jumlah sebanyak 10 anak. Prosentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil analisis data pada pra penelitian didapat prosentase sebesar 39,57%. Setelah diberikan tindakan, prosentase meningkat mencapai menjadi 80,54%. Data yang diperoleh pada siklus I sudah mencapai target, maka peneliti tidak melanjutkan ke siklus II. Hal ini berarti dari pra penelitian sampai siklus I memiliki kenaikan 40,97%. Berdasarkan keberhasilan prosentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemampuan membaca permulaan anak usia dini dapat meningkat dengan memberikan pemahaman simbol, pemahaman bunyi huruf, dan pemaknaan sebuah kata pada tulisan yang tercetak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi ; 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 15 May 2020 14:05 |
Last Modified: | 15 May 2020 14:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7676 |
Actions (login required)
View Item |