ADI SLAMET, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MELALUI ACTIVE LEARNING TIPE INDEKS CARD MATCH PADA SISWA KELAS III SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas III SDN Babelan Kota 04 Kabupaten Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK, ABSTRACT.pdf Download (96kB) |
|
Text
Jurnal Adi Slamet.pdf Download (269kB) |
|
Text
Skripsi Adi Slamet.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan: Penelitian Tindakan Kelas atau class room action research yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar PKn melalui Active Learning tipe Indeks Card Match di kelas III SDN Babelan Kota 04 Bekasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 35 siswa pada semester pertama tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar aspek kognitif menunjukkan presentase rata-rata 65,71% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena ketuntasan belajarnya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu sebesar 80%. Pada siklus II, presentase hasil belajar kognitif mencapai 88,57%, dengan itu dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang melebihi KKM. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Active Learning tipe Indeks card Match dapat dijadikan salah satu pembelajaran yang dapat dijadikan salah satu model untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 04 Kabupaten Bekasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd., ; 2). Drs. Waluyo Hadi, M.Pd., |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 15:12 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 15:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/770 |
Actions (login required)
View Item |