UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Ayah Bunda, Cililitan, Jakarta Timur)

DESSY ERNIA, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Ayah Bunda, Cililitan, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-DESSY ERNIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan (make a match) di PAUD A yah Bunda, Cililitan, Jakarta Timur. Model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan (make a match) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mendorong anak untuk mampu berbicara. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif dengan model Kemmis & Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 9 anak. Tindakan yang diberikan yaitu melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan (make a match). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata kemampuan berbicara anak telah mencapai 71%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan (make a match) di PAUD Ayah Bunda. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak pada pra tindakan sebesar 40,1%, meningkat menjadi 58,4% pada tindakan siklus I, dan mencapai 84,9% pada tindakan siklus II. Kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan (make a match). Tahapan dari tindakan tersebut yaitu setelah apersepsi, anak dibagikan kartu, kemudian anak mencari pasangan kartu yang cocok, kemudian anak menyelesaikan pekerjaan bersama, dan ditutup dengan anak bercerita bersama pasangannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Azizah Muis, S.Pd, M.Pd., ; 2). Dr. Nurjannah, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 28 May 2020 13:37
Last Modified: 28 May 2020 13:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7702

Actions (login required)

View Item View Item