DESSY ERNIA, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH) (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD AYAH BUNDA, CILILITAN, JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
|
Text
SKRIPSI-DESSY ERNIA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan (make a match) di PAUD A yah Bunda, Cililitan, Jakarta Timur. Model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan (make a match) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mendorong anak untuk mampu berbicara. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif dengan model Kemmis & Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 9 anak. Tindakan yang diberikan yaitu melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan (make a match). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata kemampuan berbicara anak telah mencapai 71%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan (make a match) di PAUD Ayah Bunda. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak pada pra tindakan sebesar 40,1%, meningkat menjadi 58,4% pada tindakan siklus I, dan mencapai 84,9% pada tindakan siklus II. Kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan (make a match). Tahapan dari tindakan tersebut yaitu setelah apersepsi, anak dibagikan kartu, kemudian anak mencari pasangan kartu yang cocok, kemudian anak menyelesaikan pekerjaan bersama, dan ditutup dengan anak bercerita bersama pasangannya.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Additional Information: | 1). Azizah Muis, S.Pd., M.Pd. ; 2). Dr. Nurjannah, M.Pd. |
| Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
| Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
| Depositing User: | Users 29 not found. |
| Date Deposited: | 28 May 2020 13:37 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 02:20 |
| URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
