HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD DI KELURAHAN CIBUBUR JAKARTA TIMUR

DIAN RAHMA PERTIWI, . (2016) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD DI KELURAHAN CIBUBUR JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
i LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
iv SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
ix-xv DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
vii-viiiKATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
ii-iii ABSTRAK.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar IPA kelas IV SD di Kelurahan Cibubur Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cibubur 09 Pagi dan SDN Cibubur 10 Pagi Kelurahan Cibubur Jakarta Timur sebanyak 70 siswa. pengambilan sampel menggunakan teknik cluster simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes hasil belajar IPA dan dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa berhubungan positif dengan hasil belajar IPA kelas IV SD dengan thitung = 8.555 > 1.995 = ttabel. Hasil ini menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengajarkan disiplin belajar kepada siswa di kelas sehingga dapat mengubah perilaku siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd., ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 09 Jun 2020 18:52
Last Modified: 09 Jun 2020 18:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7734

Actions (login required)

View Item View Item