UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Manggarai 13 Pagi, Jakarta Selatan)

DITA KARINA, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Manggarai 13 Pagi, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (11kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
11. Bab I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
12. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Image
20160914_151607.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas IV di SDN Manggarai 13 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Manggarai 13 Pagi sebanyak 22 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan instrumen, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian diaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melaui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi sebagai dasar perencanaan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data diperoleh persentase motivasi belajar sebesar 71,77% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 83,27%. Hasil tersebut menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis tindakan bahwa terjadi kenaikan dari pra penelitian ke siklus I dan siklus II melebihi 80% maka hipotesis diterima. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Iva Sarifah, M.Pd ; 2). Dra. Sehati Kaban, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2020 20:37
Last Modified: 09 Jun 2020 20:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7740

Actions (login required)

View Item View Item