UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN LKPD PADA SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan)

DWI PUTRI ICHSANINGRUM, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN LKPD PADA SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (104kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan penalaran IPA dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik pada siswa kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan di SDN Pasar Manggis, dengan subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 29 siswa pada semester genap tahun 2015-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Analisis data dilakukan terhadap data hasil penelitian dengan melihat keberhasilan terhadap hasil tes kemampuan penalaran IPA mencapai 80% siswa yang termasuk kategori tinggi dengan skor ≥70. Hasil penelitian menunjukkan data pada siklus I diperoleh dari hasil tes kemampuan penalaran IPA siswa mencapai 62,06% dengan 18 siswa dari jumlah siswa sebanyak 29 mendapat nilai ≥70 yang termasuk kategori tinggi dan jumlah skor pemantau tindakan siswa sebesar 66,66% serta skor pemantau tindakan guru dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik sebesar 73,33% sedangkan pada siklus II hasil tes kemampuan penalaran IPA siswa mencapai 82,75% dengan 24 siswa dari jumlah siswa sebanyak 29 mendapat nilai ≥70 yang termasuk kategori tinggi dan jumlah skor pemantau tindakan siswa 83,33% serta skor pemantau tindakan guru menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik sebesar 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan penalaran di kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian ini adalah penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA apabila guru mengalami kesulitan dimana kemampuan penalaran IPA rendah. Lembar Kerja Peserta Didik ini juga dapat digunakan pada mata pelajar lain yang dibuat langsung oleh guru sesuai dengan syarat pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik yang benar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd. ; 2). Dra. Sri Sugiarti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2020 16:05
Last Modified: 10 Jun 2020 16:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7753

Actions (login required)

View Item View Item