DWI PUTRI ICHSANINGRUM, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN LKPD PADA SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (104kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan penalaran IPA dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik pada siswa kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan di SDN Pasar Manggis, dengan subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 29 siswa pada semester genap tahun 2015-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Analisis data dilakukan terhadap data hasil penelitian dengan melihat keberhasilan terhadap hasil tes kemampuan penalaran IPA mencapai 80% siswa yang termasuk kategori tinggi dengan skor ≥70. Hasil penelitian menunjukkan data pada siklus I diperoleh dari hasil tes kemampuan penalaran IPA siswa mencapai 62,06% dengan 18 siswa dari jumlah siswa sebanyak 29 mendapat nilai ≥70 yang termasuk kategori tinggi dan jumlah skor pemantau tindakan siswa sebesar 66,66% serta skor pemantau tindakan guru dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik sebesar 73,33% sedangkan pada siklus II hasil tes kemampuan penalaran IPA siswa mencapai 82,75% dengan 24 siswa dari jumlah siswa sebanyak 29 mendapat nilai ≥70 yang termasuk kategori tinggi dan jumlah skor pemantau tindakan siswa 83,33% serta skor pemantau tindakan guru menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik sebesar 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan penalaran di kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian ini adalah penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA apabila guru mengalami kesulitan dimana kemampuan penalaran IPA rendah. Lembar Kerja Peserta Didik ini juga dapat digunakan pada mata pelajar lain yang dibuat langsung oleh guru sesuai dengan syarat pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik yang benar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd. ; 2). Dra. Sri Sugiarti, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 10 Jun 2020 16:05 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 16:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7753 |
Actions (login required)
View Item |