UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTU MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII JEDDAH SMP SHIDQIA ISLAMIC SCHOOL

ADI BANGGA WIJAYA, . (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTU MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII JEDDAH SMP SHIDQIA ISLAMIC SCHOOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - 3115152505.pdf

Download (45kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (234kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (16MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa. Namun, masih banyak siswa yang belum memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik, terutama pada materi aljabar. Salah satunya ditemukan di kelas VII Jeddah SMP Shidqia Islamic School Bekasi. Hal ini mengakibatkan siswa tidak mengerti apa yang mereka pelajari di dalam kelas. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah melalui penerapan model inkuiri terbimbing dengan pendekatan kontekstual berbantuan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII Jeddah SMP Shidqia Islamic School Bekasi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Terdapat enam siswa yang yang dipilih secara merata sebagai subjek penelitian berdasarkan kemampuan pemahaman konsep awal. Data dalam penelitian ini terdiri atas data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui observasi pelaksanaan pembelajaran, tes akhir siklus serta wawancara terhadap subjek penelitian. Data yang diperoleh kemudian divalidasi dengan triangulasi teknik pengumpulan data sebelum akhirnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dari masing-masing subjek penelitian pada setiap siklusnya. SP1 dan SP2 memperoleh skor sebesar 87,5 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 90 pada siklus II. SP3 memperoleh skor sebesar 93,75 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 95 pada siklus II. SP4 memperoleh skor 81,25 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 90 pada siklus II. SP5 memperoleh skor 68,75 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 80 pada siklus II. Sementara itu, SP6 memperoleh skor 56,25 pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 75 pada siklus II. Rata-rata skor kemampuan pemahaman konsep seluruh siswa kelas VII Jeddah juga meningkat dari 52,86 pada tes awal, menjadi 77,68 pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 83,33 pada siklus II. *************** Conceptual Understanding Ability in Mathematics is one of the very important aspect that must be mastered by students. However, there are still many students who have not have a good conceptual understanding, especially on algebra. One of them was found in class VII Jeddah SMP Shidqia Islamic School Bekasi. This certainly makes student do not understand what they have learn in the class. One of the learning alternatives that can be used to improve students’ conceptual understanding in mathematics is through implementation of guided inquiry learning with contextual approach assisted by interactive multimedia. This research aims is to improve students’ conceptual understanding ability in Class VII Jeddah SMP Shidqia Islamic School Bekasi. This type of research is a Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages, planning, implementation, observation and reflection. There are six students who were selected evenly to become research subject based on the initial ability of conceptual understanding. Data in this research consisted of qualitative and qualitative data that are obtained through observations of the implementation of learning, final test of the cycle and interview with research subject. The obtained data was then validated by triangulating of data collection techniques before being analyzed descriptively. The result of research showed that there was an increase in conceptual understanding ability in mathematics in each research subject for each cycle. SP1 and SP2 obtained a score of 87,5 in the first cycle, then increasing to 90 in the second cycle. SP3 obtained a score of 93,75 in the first cycle, then increasing to 95 in the second cycle. SP4 obtained a score of 81,25 in the first cycle, then increasing to 90 in the second cycle. SP5 obtained a score of 68,75 in the first cycle, then increasing to 80 in the second cycle. Sementara itu, SP6 obtained a score of 56,25 in the first cycle, then increasing to 75 in the second cycle. The average score of all students’ conceptual understanding ability in class VII Jeddah also increased from 52,86 in intitial test, become 77,68 in the first cycle, and increased again become 83,33 in the second cycle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Meiliasari, S.Pd., M.Sc. ; 2). Dr. Eti Dwi Wiraningsih, S.Pd., M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 479 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2020 17:07
Last Modified: 13 Jun 2020 08:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7757

Actions (login required)

View Item View Item