GRAFIS UNTUK PENGENALAN LIFE SCIENCE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian dan Pengembangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan)

HALIMATUS, . (2020) GRAFIS UNTUK PENGENALAN LIFE SCIENCE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian dan Pengembangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media grafis untuk pengenalan life science Kupu-kupu pada anak usia 5-6 tahun. Studi ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data dikumpulkan melalui analisis kebutuhan (studi literatur, analisis komparatif, wawancara & observasi), angket untuk pakar. Hasil penelitian uji draft media grafis menunjukkan bahwa dalam pengenalan life science kehidupan Kupu-kupu dinilai cukup berhasil setelah menggunakan media grafis dibanding dengan metode konvensional, hal ini dilihat dari catatan pelaksanaan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Media grafis yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kombinasi dari berbagai jenis media grafis berupa media gambar, media chart, media kartun, dan media poster yang dihasilkan melalui pengembangan dan inovasi dari media poster yang telah ada di khalayak kemudian dimodifikasi untuk menstimulasi pengetahuan anak tentang life science Kupu-kupu sehingga pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan. Diperoleh kesimpulan media grafis layak digunakan untuk meningkatkan pengenalan life science Kupu-kupu pada anak usia dini. This study aims to develop graphic media for the introduction of Butterfly life science in children aged 5-6 years. This study uses the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data is collected through needs analysis (literature study, comparative analysis, interview & observation), questionnaire for experts. The results of the draft graphic media test research show that the introduction of life science Butterfly life is considered quite successful after using graphic media compared to conventional methods, this is seen from the implementation notes through three stages, namely learning planning, learning implementation and evaluation. Graphic media used in this study is a combination of various types of graphic media in the form of media images, media charts, cartoon media, and poster media that are produced through the development and innovation of poster media that are already in the audience and then modified to stimulate children's knowledge about Life Science Kupu butterfly so that learning is more meaningful and enjoyable. The conclusion obtained is that graphic media is appropriate to be used to improve the introduction of butterfly life in early childhood. Keywords: graphic media; introduction to the life of the butterfly; early childhood

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Lara Fridani, M.Psych.,Ph.D ; 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2973 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2020 18:18
Last Modified: 12 Jun 2020 18:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7773

Actions (login required)

View Item View Item