INTANI DEWI.K.S, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BINGKAI 10 TERHADAP PEMAHAMAN PART-PART-WHOLE PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN(Study Eksperimen di BKB PAUD AnggrekKelurahan Munjul, KecamatanCipayung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (19kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
|
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
Text
5. BAB I-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan data empiris mengenai pengaruh PenggunaanMedia Bingkai 10 terhadap PemahamanPart-part-wholePadaAnak Usia 6-7Tahun di PAUD Anggrek Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, denganrancangan desain True Experimentaldalam bentukTwo Group –with Pre-test and Post-test Design(tekhnik pre-test dan post-test dengan dua kelompok yang diacak). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berusia 6-7tahun yang merupakan anakkelompok PAUD di kelurahan Munjul. Sampeldalam penelitian ini adalah anak usia 6-7 Tahun padaPAUDKelompok Kesiapan Masuk Sekolah (KeMaS) dengan jumlah sampel 15 orang anak pada kelompokeksperimendan 15 orang anak pada kelompok kontrol, yang diambil dengan menggunakan tekhnik Clustersimple random.Tekhnik Pengumpulan data Variabel Y (Pemahaman Part-part-whole) dilakukan dengan menggunakan tekhnik observasi checklist. Tekhnik analisis yang digunakan adalah uji-tuntuk sampel kecil yang tidak berkorelasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh harga thitung1= 22, 5(Uji komparatif pre-post test kelompok Eksperimen), thitung2= 8, 90(Uji komparatif pre-post test kelompok Kontrol),, dan thitung3= 30, 79(Uji komparatif post-post test kelompokEksperimen-Kontrol), denganharga ttabel= 1, 70,dandk = 28 pada taraf signifikan α =0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel, sehingga penelitian ini menolak H0 (hipotesis Nol) dan menerimaHa (Hipotesis Alternatif). Dengan demikian penelitianinimembawa implikasi bahwa penggunaan media bingkai 10 berpengaruh signifikan terhadap pemahaman part-part-wholepada anak usia 6-7 tahun. Semakin sering anak pada usia 6-7 tahun menggunakan media bingkai 10, maka semakin baik juga pemahamannya terhadap part-part-whole
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Eriva Syamsiatin, M.Si. ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 13:15 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 13:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7837 |
Actions (login required)
View Item |