ISTI WULANDARI, . (2016) PENINGKATANKETERAMPILAN MENULISSURAT UNDANGANMELALUISTRATEGI AKTIVITASMENULISTERBIMBING (SAMT)PADA SISWA KELASVSDN KEDAUNG KALIANGKE06JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (135kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (114kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
Text
10. BAB. III.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
11. BAB. IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
Abstract
TujuandariPenelitianTindakan Kelas (PTK)ini adalah untuk mengkajitentangpeningkatanketerampilan menulis surat undangan melalui StrategiAktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) pada siswa kelas V SDN Kedaung KaliAngke 06 Jakarta Barat. Sampel dalampenelitian ini adalah siswa kelasVSDN KedaungKali Angke 06 Jakarta Baratsebanyak24orang, terdiri dari 9orang siswa dan 15 orang siswi.Teknik pengumpulan data pada penelitian iniberupa tes uraian, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Modeltindakan yang digunakanadalahmodel Kemmis danTaggartyangdimodifikasi oleh Suharsimi Arikunto. Adapun tahapan PTK berdasarkanmodel tersebut adalah tahapperencanaan, pelaksanaan tindakan,pengamatan/observasi, danrefleksi.Hasilpenelitian menunjukkan bahwaStrategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) dapat meningkatkanketerampilan siswa dalam menulis surat undangan.Siklus I sebanyak 10siswa mendapat nilai≥70 dengan ketuntasan belajar sebesar 42%. PadasiklusII sejumlah 17 siswa memperoleh nilai≥70 dengan ketuntasan belajarsebesar 71%. Pada siklus III sejumlah 21 siswa memperoleh nilai≥ 70dengan ketuntasan belajar sebesar 87%. Aktivitas guru dalam pembelajaranpada siklus I mencapai 66%, sementara aktivitas siswa mencapai 64%. Padasiklus II terjadi peningkatan dari aktivitas guru mencapai 75%, sementaraaktivitas siswa mencapai 73%. Pada siklus III terjadi peningkatan yangsangat baik dari aktivitas guru maupun siswa menjadi 91%. Maka, dapatdisimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis surat undanganmelalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) pada siswa kelas VSDN Kedaung Kali Angke, Jakarta Barat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd ; 2). Drs.Dudung Amir Soleh,M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 15:16 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 15:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7842 |
Actions (login required)
View Item |