PENINGKATANKETERAMPILAN MENULISSURAT UNDANGANMELALUISTRATEGI AKTIVITASMENULISTERBIMBING (SAMT)PADA SISWA KELASVSDN KEDAUNG KALIANGKE06JAKARTA BARAT

ISTI WULANDARI, . (2016) PENINGKATANKETERAMPILAN MENULISSURAT UNDANGANMELALUISTRATEGI AKTIVITASMENULISTERBIMBING (SAMT)PADA SISWA KELASVSDN KEDAUNG KALIANGKE06JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
10. BAB. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
11. BAB. IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)

Abstract

TujuandariPenelitianTindakan Kelas (PTK)ini adalah untuk mengkajitentangpeningkatanketerampilan menulis surat undangan melalui StrategiAktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) pada siswa kelas V SDN Kedaung KaliAngke 06 Jakarta Barat. Sampel dalampenelitian ini adalah siswa kelasVSDN KedaungKali Angke 06 Jakarta Baratsebanyak24orang, terdiri dari 9orang siswa dan 15 orang siswi.Teknik pengumpulan data pada penelitian iniberupa tes uraian, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Modeltindakan yang digunakanadalahmodel Kemmis danTaggartyangdimodifikasi oleh Suharsimi Arikunto. Adapun tahapan PTK berdasarkanmodel tersebut adalah tahapperencanaan, pelaksanaan tindakan,pengamatan/observasi, danrefleksi.Hasilpenelitian menunjukkan bahwaStrategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) dapat meningkatkanketerampilan siswa dalam menulis surat undangan.Siklus I sebanyak 10siswa mendapat nilai≥70 dengan ketuntasan belajar sebesar 42%. PadasiklusII sejumlah 17 siswa memperoleh nilai≥70 dengan ketuntasan belajarsebesar 71%. Pada siklus III sejumlah 21 siswa memperoleh nilai≥ 70dengan ketuntasan belajar sebesar 87%. Aktivitas guru dalam pembelajaranpada siklus I mencapai 66%, sementara aktivitas siswa mencapai 64%. Padasiklus II terjadi peningkatan dari aktivitas guru mencapai 75%, sementaraaktivitas siswa mencapai 73%. Pada siklus III terjadi peningkatan yangsangat baik dari aktivitas guru maupun siswa menjadi 91%. Maka, dapatdisimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis surat undanganmelalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) pada siswa kelas VSDN Kedaung Kali Angke, Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd ; 2). Drs.Dudung Amir Soleh,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2020 15:16
Last Modified: 18 Jun 2020 15:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7842

Actions (login required)

View Item View Item