PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD NEGERI DI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR

AGUSTINA DETIK MERDEKAWATI, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD NEGERI DI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PDF UPT.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Rawamangun 05 Pagi dengan sampel siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan meenggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain posstest-Only-Control Design yang memiliki dua grup yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi yang dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung = 7,54 dan ttabel = 1,67 dengan dk = Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan contextual teahing and learning dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi dalam pelajaran ipa untuk dapat meningkatkan pemahaman konsep ipa siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd., ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Oct 2019 16:05
Last Modified: 29 Oct 2019 16:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item