AGUSTINA DETIK MERDEKAWATI, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD NEGERI DI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
PDF UPT.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Rawamangun 05 Pagi dengan sampel siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan meenggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain posstest-Only-Control Design yang memiliki dua grup yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi yang dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung = 7,54 dan ttabel = 1,67 dengan dk = Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan contextual teahing and learning dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi dalam pelajaran ipa untuk dapat meningkatkan pemahaman konsep ipa siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd., ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd., |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 16:05 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 16:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/787 |
Actions (login required)
View Item |