MAS WAHONO HAYATUDIN, . (2016) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BELAJAR KOMPUTER DASAR UNTUK GURUDI SDN SEMPER BARAT 15 PAG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Bab I.pdf Download (57kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (24kB) |
|
Text
Lembar Abstrak.pdf Download (23kB) |
|
Text
Lembar Daftar Isi.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
Lembar Judul.pdf Download (21kB) |
|
Text
Lembar Kata Pengantar.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
Lembar Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pengembangan Buku Panduan Belajar Komputer Dasar untuk Guru di SDNSemper Barat 15 Pagi. Skripsi. Jakarta: Jurusan Kurikulumdan TeknologiPendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016.Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupabuku panduan untuk kebutuhan belajar komputer dasar guru-guru di SDNSemper Barat 15 Pagi yang dikemasdalam bentuk buku cetak yang berjudulbuku panduan belajar komputer dasar untuk guru sekolah dasar.Penelitan pengembangan ini menggunakan modelRowntreeyang terdiri daritiga tahapan yakni: tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, dantahap penulisan dan penyuntingan.Proses pengembangan dimulai darimenganalisis peserta didik, merumuskan tujuan belajar, merumuskan materi,menentukan media, merencanakan pendukung belajar, danmempertimbangkan bahan belajar yang sudah ada. Selanjutnyamempertimbangkan sumber-sumber dan hambatannya, mengurutkan ide dangagasan, mengembangkan aktivitas dan umpan balik, menentukan contoh-contoh terkait, menentukan grafis, menentukan peralatan yang dibutuhkan,merumuskan bentuk fisik. Lalu selanjutnya mulai membuat draft,melengkapidan menyunting draft, menulis assesmen belajar, dan melakukan ujicoba danperbaikan.Review produk dilakukan terhadap ahli memperoleh nilai rata-rata sebesar 3;dengan rincian ahli materi diperoleh nilai sebesar 3,2; ahlimedia diperolehnilaisebesar 2,9;Selanjutnya evaluasi dilakukan terhadap pengguna melaluibeberapa evaluasi yaituone-to-one evaluationdiperoleh nilai sebesar3,5;small group evaluationdiperoleh nilai sebesar 3,6;Secara keseluruhan bukupanduan memiliki kualitas baik, sehingga dapat digunakan sebagai sumberbelajar komputer dasar untuk guru di SDN Semper Barat 15 Pagi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd ; 2). Retno Widyaningrum, S.Sos, MM |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 15:31 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 15:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7876 |
Actions (login required)
View Item |