PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BELAJAR KOMPUTER DASAR UNTUK GURUDI SDN SEMPER BARAT 15 PAG

MAS WAHONO HAYATUDIN, . (2016) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BELAJAR KOMPUTER DASAR UNTUK GURUDI SDN SEMPER BARAT 15 PAG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Lembar Abstrak.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Lembar Daftar Isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
Lembar Judul.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Lembar Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Lembar Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan Buku Panduan Belajar Komputer Dasar untuk Guru di SDNSemper Barat 15 Pagi. Skripsi. Jakarta: Jurusan Kurikulumdan TeknologiPendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2016.Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupabuku panduan untuk kebutuhan belajar komputer dasar guru-guru di SDNSemper Barat 15 Pagi yang dikemasdalam bentuk buku cetak yang berjudulbuku panduan belajar komputer dasar untuk guru sekolah dasar.Penelitan pengembangan ini menggunakan modelRowntreeyang terdiri daritiga tahapan yakni: tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, dantahap penulisan dan penyuntingan.Proses pengembangan dimulai darimenganalisis peserta didik, merumuskan tujuan belajar, merumuskan materi,menentukan media, merencanakan pendukung belajar, danmempertimbangkan bahan belajar yang sudah ada. Selanjutnyamempertimbangkan sumber-sumber dan hambatannya, mengurutkan ide dangagasan, mengembangkan aktivitas dan umpan balik, menentukan contoh-contoh terkait, menentukan grafis, menentukan peralatan yang dibutuhkan,merumuskan bentuk fisik. Lalu selanjutnya mulai membuat draft,melengkapidan menyunting draft, menulis assesmen belajar, dan melakukan ujicoba danperbaikan.Review produk dilakukan terhadap ahli memperoleh nilai rata-rata sebesar 3;dengan rincian ahli materi diperoleh nilai sebesar 3,2; ahlimedia diperolehnilaisebesar 2,9;Selanjutnya evaluasi dilakukan terhadap pengguna melaluibeberapa evaluasi yaituone-to-one evaluationdiperoleh nilai sebesar3,5;small group evaluationdiperoleh nilai sebesar 3,6;Secara keseluruhan bukupanduan memiliki kualitas baik, sehingga dapat digunakan sebagai sumberbelajar komputer dasar untuk guru di SDN Semper Barat 15 Pagi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd ; 2). Retno Widyaningrum, S.Sos, MM
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 22 Jun 2020 15:31
Last Modified: 22 Jun 2020 15:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7876

Actions (login required)

View Item View Item