MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MEDIA WAYANG SULUH PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV(Penelitian Tindakan Kelas Di SLBN 2 Jakarta)

MAY IDA LESTARI, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG MELALUI MEDIA WAYANG SULUH PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV(Penelitian Tindakan Kelas Di SLBN 2 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 LEMBAR JUDUL.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
3 LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
4 SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
5 LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
8 BAB I .pdf

Download (289kB)
[img] Text
6 LEMBAR DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
9 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
10 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
13 Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng melalui media wayang pada peserta didik tunagrahita ringan kelas IV di SLB Negeri 2 Jakarta yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2016. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah lima peserta didik. Fokus penelitian adalahmediawayang untukmeningkatkan kemampuan menyimak dongeng pada peserta didik tunagrahita ringan kelas IV di SLB Negeri 2 Jakarta.. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan disain penelitian model Kemmis dan Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalan 2 siklus yang terdiri dari 6 pertemuan pada setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini mengalami peningkatan, yang terlihat adanya peningkatan mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II serta pada proses pembelajaran peserta didik terlihat aktof dan cukup antusias menggunakanmedia wayang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media wayang dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada peserta didik tunagrahita ringan kelas IV di SLB Negeri 2 Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. WuryaniM.Pd ; 2). Dra. Trisna Mulyeni, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 22 Jun 2020 15:48
Last Modified: 22 Jun 2020 15:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7877

Actions (login required)

View Item View Item