HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ORANGTUA-ANAK DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA REMAJA AWAL

NUR BAITI MAHMUDAH, . (2016) HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ORANGTUA-ANAK DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA REMAJA AWAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB IV A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV B.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL.pdf

Download (20kB)
[img] Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan orangtua-anak dengan kemandirian belajar pada remaja awal. Peneliti menggunakaninstrumen yaitu IPPA (Inventory of Parent and Peer Attachment) dari Armsden & Greenberg, 1987yang telah melalui tahap adopsi dan Skala Kemandirian Belajardari teori Candy, 1991 yang telah diadaptasidari jurnal penelitian sebelumnya. Penelitian dilakukan kepada siswa di salah satu sekolah, di wilayah Jakarta Timur. Sampel penelitian ini berjumlah158 responden yaitu siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama)atau remaja awal berusia ±12 hingga 15 tahun yang mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalahprobability sampling. Dalam penelitian ini setiap unit dalam populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampeldan pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak.Metode pengolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah analisis korelasi Pearson/Product Moment. Berdasarkan hasil uji korelasi nilai r hitung > r tabel, artinya terdapat hubungan yang positif signifikan antara variabel kemandirian belajar dan kelekatan orangtua-anak. Hubungan yang dihasilkan bersifat positif, artinya semakin tinggi atau aman kelekatan yang terjalin antara anak dengan orangtuanya, maka akan semakin tinggi pula kemandirian belajar pada remaja

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mauna, M.Psi ; 2). Prof. Dr.Suparno Eko Widodo, S.Pd.,MM
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2020 15:21
Last Modified: 26 Jun 2020 15:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7920

Actions (login required)

View Item View Item