Nur Islamiyati, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS IV SD(Penelitian Tindakan Kelas tentang Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratandi SDN Sukapura 02 Cilincing Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (13kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (901kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (148kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningktakan hasil belajar pada ranah kognitif dalam pelajaran IPA melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukapura 02 Jakarta Utara. Pada semester II tahun ajaram 2015-2016. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan terdapat dua pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut : pada siklus I jumlah siswa yang mendaptkan nilai diatas KKM (≥65) terdapat 22 siswa atau 73,33% dari keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM (≥65) sebanyak 28 siswa atau 93,33% dari keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terjadi peningkatan hasil belajar dalam ranah kognitif pada pelajaran IPA di kelas IV SDN Sukapura 02 Jakarta Utara, dengan demikian diharapkan guru hendaknya menggunakan pendekatan saintifik yang dapat diterapkan di kelas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs.Sutrisono, M.Si ; 2). Dr.Fahrurrozi, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 15:32 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 15:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7921 |
Actions (login required)
View Item |