PUTRI JATI AYU, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KELURAHAN LUBANG BUAYA CIPAYUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuanpenelitianini adalahuntuk mengetahuipengaruhpendekatan ContextualTeachingandLearning(CTL)terhadaphasil belajarIPAkelasIV SD.SampelyangdigunakanpadapenelitianiniyaitusiswakelasIVAdan IVBSDNLubangBuaya11JakartaTimur denganjumlah62siswapada kedua kelasnya. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling.Metodeyangdigunakanadalahmetodeeksperimen, dengandesainPosttestOnlyControlDesign.Pengumpulandata dilakukan menggunakanteshasilbelajarIPAmateri Energiyangdianalisisdenganuji normalitasdanujihomogenitas.Hasilpengujiannormalitas danhomogenitas menunjukkanbahwadataberdistribusi normaldankeduakelashomogen. Selanjutnyahasil analisismenggunakan uji-tmenunjukkanhargathitung sebesar5,86.Hargattabelpadatarafsignifikansignifikanα=0,05 dandf=60 adalah 1,67. Oleh karena itu, harga thitung lebih besar daripada ttabel (5,86>1,67)makaH0ditolakdanH1 diterima.Dengandemikian,penerapan pendekatanContextualTeaching and Learning(CTL)berpengaruhsecara signifikan terhadaphasilbelajar IPAkelasIVSD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M. Pd ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd, |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 15:19 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 15:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7940 |
Actions (login required)
View Item |