PUTRI JATI AYU, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KELURAHAN LUBANG BUAYA CIPAYUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Skripsi Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuanpenelitianini adalahuntuk mengetahuipengaruhpendekatan ContextualTeachingandLearning(CTL)terhadaphasil belajarIPAkelasIV SD.SampelyangdigunakanpadapenelitianiniyaitusiswakelasIVAdan IVBSDNLubangBuaya11JakartaTimur denganjumlah62siswapada kedua kelasnya. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling.Metodeyangdigunakanadalahmetodeeksperimen, dengandesainPosttestOnlyControlDesign.Pengumpulandata dilakukan menggunakanteshasilbelajarIPAmateri Energiyangdianalisisdenganuji normalitasdanujihomogenitas.Hasilpengujiannormalitas danhomogenitas menunjukkanbahwadataberdistribusi normaldankeduakelashomogen. Selanjutnyahasil analisismenggunakan uji-tmenunjukkanhargathitung sebesar5,86.Hargattabelpadatarafsignifikansignifikanα=0,05 dandf=60 adalah 1,67. Oleh karena itu, harga thitung lebih besar daripada ttabel (5,86>1,67)makaH0ditolakdanH1 diterima.Dengandemikian,penerapan pendekatanContextualTeaching and Learning(CTL)berpengaruhsecara signifikan terhadaphasilbelajar IPAkelasIVSD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M. Pd ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd, |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 15:19 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 15:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |