PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KELURAHAN LUBANG BUAYA CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

PUTRI JATI AYU, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KELURAHAN LUBANG BUAYA CIPAYUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuanpenelitianini adalahuntuk mengetahuipengaruhpendekatan ContextualTeachingandLearning(CTL)terhadaphasil belajarIPAkelasIV SD.SampelyangdigunakanpadapenelitianiniyaitusiswakelasIVAdan IVBSDNLubangBuaya11JakartaTimur denganjumlah62siswapada kedua kelasnya. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling.Metodeyangdigunakanadalahmetodeeksperimen, dengandesainPosttestOnlyControlDesign.Pengumpulandata dilakukan menggunakanteshasilbelajarIPAmateri Energiyangdianalisisdenganuji normalitasdanujihomogenitas.Hasilpengujiannormalitas danhomogenitas menunjukkanbahwadataberdistribusi normaldankeduakelashomogen. Selanjutnyahasil analisismenggunakan uji-tmenunjukkanhargathitung sebesar5,86.Hargattabelpadatarafsignifikansignifikanα=0,05 dandf=60 adalah 1,67. Oleh karena itu, harga thitung lebih besar daripada ttabel (5,86>1,67)makaH0ditolakdanH1 diterima.Dengandemikian,penerapan pendekatanContextualTeaching and Learning(CTL)berpengaruhsecara signifikan terhadaphasilbelajar IPAkelasIVSD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M. Pd ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Jun 2020 15:19
Last Modified: 29 Jun 2020 15:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7940

Actions (login required)

View Item View Item