PENGARUH PEMBELAJARAN ICT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MEMBACA ANAK TK B (Studi Eksperimen pada Anak TK Kelompok B di Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2019)

RISKHA HANIFA NASUTION, . (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN ICT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MEMBACA ANAK TK B (Studi Eksperimen pada Anak TK Kelompok B di Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2019). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
SURAT persetujuan.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (855kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran ICT dan minat belajar terhadap kesiapan membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK B usia 5-6 tahun di wilayah Kabupaten Pasaman Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Uji normalitas data menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas data menggunakan uji levene. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Terdapat perbedaan kesiapan membaca anak yang menggunakan pembelajaran ICT berbasis interaktif dan pembelajaran ICT berbasis non interaktif. Hasil perhitungan di peroleh Fhitung > Ftabel (5,849 > 4,11 ). 2) Terdapat perbedaan kesiapan membaca antara anak yang memiliki minat belajar tinggi dan anak yang memiliki minat belajar rendah. Hasil perhitungan diperoleh Fhitung > Ftabel (4,588 >4,11). 3) Pengaruh interaksi pembelajaran ICT dan minat belajar terhadap kesiapan membaca anak. Hasil perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 4,588 74,602 sedangkan Ftabel 4,11. 4) Terdapat perbedaan kesiapan membaca anak yang menggunakan ICT berbasis interaktif dan berbasis non interaktif pada anak yang memiliki minat belajar tinggi. Hasil perhitungan diperoleh μ_(A1B1 ) > μ_A2B1 (41,60 > 33,60). 5) Terdapat perbedaan kesiapan membaca anak yang menggunakan ICT berbasis interaktif dan berbasis non interaktif pada anak yang memiliki minat belajar rendah. Hasil perhitungan diperoleh μA1B2 < μA2B2 (33,8<38,30). 6) Terdapat perbedaan yang signifikan dari kesiapan membaca yang menggunakan pembelajaran ICT berbasis interaktif, antara anak yang memiliki minat belajar tinggi dan anak yang memiliki minat belajar rendah. 7) Terdapat perbedaan yang signifikan dari kesiapan membaca yang menggunakan pembelajaran ICT berbasis non interaktif antara anak yang memiliki minat belajar tinggi dan anak yang memiliki minat belajar rendah. **************** This study discusses ICT learning and interest in learning about reading readiness. This research used quantitative research methods. The population in this study was kindergarten B children aged 5-6 years in West Pasaman District. The sampling technique uses cluster random sampling. Data normality test uses liliefors test and data homogeneity test uses levene test. Data analysis techniques used two-way analysis of variance (ANAVA). The results of the study found that 1) There are differences in reading readiness of children who use interactive ICT-based learning and interactive ICT-based learning. The calculation results obtained Fcount> F table (5.849> 4.11). 2) Have a difference between reading who has high learning interest and children who have low learning interest. Calculation Results Obtained Fcount> Ftable (4,588> 4,11). 3) The effect of the interaction of ICT learning and interest in learning on children's reading readiness. The calculation results obtained by Fcount is 4.588 74.602 while Ftable is 4.11. 4) Providing differences in reading readiness of children who use ICT based on interactive and non-interactive based on children who have high learning interest. The calculation results obtained μ_ (A1B1)> μ_A2B1 (41.60> 33.60). 5) Gives a difference in the readiness of children who use ICT based on interactive and non-interactive based on children who have low learning interest. Calculation results obtained μA1B2 <μA2B2 (33.8 <38.30).6) There is a significant difference from reading readiness that uses interactive ICT-based learning, between children who have high learning interest and children who have low learning interest. 7) There is a significant difference from reading readiness using non-interactive ICT-based learning between children who have high learning interest and children who have low learning interest

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Hapidin, M.Pd. ; 2). Lara Fridani, PhD
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2345 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2020 09:30
Last Modified: 01 Jul 2020 09:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7955

Actions (login required)

View Item View Item