PENGARUH PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD(Studi Eksperimen di SD Kelurahan Bojong Gede Kabupaten Bogor)

SYIFA HANNIN PUTRI, . (2016) PENGARUH PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD(Studi Eksperimen di SD Kelurahan Bojong Gede Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Eksperimen Syifa - 1. Cover.pdf

Download (53kB)
[img] Text
Skripsi Eksperimen Syifa - 2. Halaman Romawi.pdf

Download (776kB)
[img] Text
Skripsi Eksperimen Syifa - 3. BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Skripsi Eksperimen Syifa - 4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
Skripsi Eksperimen Syifa - 5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
Skripsi Eksperimen Syifa - 6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
Skripsi Eksperimen Syifa - 7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
Skripsi Eksperimen Syifa - 8. Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian portofolio terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III.Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kelurahan Bojong Gede Kabupaten Bogor.Waktu penelitian adalah pada semester II tahun pelajaran 2015/2016.Populasi adalah seluruh siswa kelas III SD di Kelurahan Bojong Gede.Sampel adalah kelas III Asebanyak 30 siswadan III B sebanyak 30 siswayangdiambil dengan menggunakan teknik random sampling(acak).Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest-only control design.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban.Instrumen tersebut kemudian dihitung uji normalitas data dengan menggunakan uji Lillieforsmenunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas menggunakan uji Fisher yang menunjukan bahwa kedua kelas mempunyai varians yang sama atau tidak. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan perhitungan uji-t dan dengan taraf signifikasi0,05 dan derajat kebebasan [dk]58 maka didapat nilai thitung>ttabelatau 8,815 >2,002. Hasil ini memberi makna hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1diterima.Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa hasil belajar dari kelompok siswa yang menggunakan penilaian portofolio lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok siswa yang menggunakan penilaian konvensional.Oleh sebab itu, penilaian portofolio merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R.Supriatna, M.Pd ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2020 18:59
Last Modified: 02 Jul 2020 18:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8004

Actions (login required)

View Item View Item