EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SISTEM ZONASI

KOSASIH ALI ABU BAKAR, . (2020) EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SISTEM ZONASI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (827kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI_publikasi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kebijakan penerimaan peserta didik baru dengan sistem zonasi ini berbasiskan kedekatan tempat tinggal siswa dengan sekolah, sehingga indikator penting yang digunakan adalah kemampuan daya tampung siswa dan kuantitas siswa di suatu wilayah zonasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dari implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru ini dengan melakukan analisis dari faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kebijakan ini. Penelitian ini menggunakan metode campuran, penelitian kualitatif yang didukung oleh penelitian kuantitatif. Tahapan penelitian diawali dengan identifikasi isu/masalah dan pemetaan masalah dari media massa/daring, hasil penelitian-penelitian yang ada dan hasil monitoring dan evaluasi dan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, setelah itu dilanjutkan dengan survey. Peneliti kemudian melakukan pembahasan yang menghasilkan opsi dan rekomendasi kebijakan dan standar operasional prosedur dalam implementasi kebijakan untuk tahapan sosialisasi dengan memperhatikan faktor komunikasi, tahapan formulasi kebijakan dengan memperhatikan faktor komitmen, dan tahapan implementasi kebijakan dengan memperhatikan faktor sumber daya dan faktor struktur organisasi. Selain itu, penelitian melakukan identifikasi model implementasi kebijakan yang digunakan saat ini dan mengusulkan model konseptual implementasi kebijakan yang seharusnya dilakukan serta usulan model percepatan implementasi kebijakan berbasis regulasi pada bidang pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Doktor)
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 3567 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 17:55
Last Modified: 01 Sep 2020 18:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8018

Actions (login required)

View Item View Item