PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS III SD (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa SDN Rawamangun 09 Pagi Kec. Pulogadung Jakarta Timur)

AGUSTINUS SEMBABUR WADER, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS III SD (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa SDN Rawamangun 09 Pagi Kec. Pulogadung Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.1cover.pdf

Download (45kB)
[img] Text
1ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
2lembar persetujuan.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
6kata pengantar.pdf

Download (29kB)
[img] Text
7daftar isi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
9bab 1.pdf

Download (52kB)
[img] Text
10bab 2.pdf

Download (123kB)
[img] Text
11bab 3.docJDI.docHH.pdf

Download (169kB)
[img] Text
12bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13bab 5.pdf

Download (54kB)
[img] Text
14daftar pustaka.pdf

Download (36kB)
[img] Text
28dftr riwayat hidup.pdf

Download (38kB)

Abstract

peningkatan hasil belajar IPS melalui metode Cooperative Learning tipe Make a Match siswa kelas III SDN Rawamangun 09 Pagi Kec. Pulagadung Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawamangun 09 Pagi Kec. Pulagadung Jakarta Timur dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model spiral (siklus) dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari tes evaluasi pelajaran IPS tentang jenis-jenis pekerjaan siswa yang mendapat skor ≥ 68 pada siklus I 63,33% dan siklus II 86,66%. Sedangkan pemantau aktivitas guru dan siswa dengan metode Cooperative Learning tipe Make a Match pada siklus I pertemuan pertama 68,75% dan 67,5%, pertemuan kedua 72,5% dan 71,25% sedangkan siklus II pertemuan pertama 82,5% dan 78,75%, pertemuan kedua 88, 75% dan 86,5% Dengan demikian hasil belajar IPS yang diperoleh dengan metode Cooperative Learning tipe Make a Match dapat meningkat. Implikasi dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Rawamangun 09 Pagi Kec. Pulagadung Jakarta Timur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs Arifin Maksum, M.Pd ; 2). Ika Lestari S.Pd.,M.Si,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2019 10:31
Last Modified: 30 Oct 2019 10:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item