WARI PURBOSARI, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SBK MELALUI ALAT MUSIK REKORDER PADA SISWA KELAS IV SDN KEBON BARU 09 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
A COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
AA bagian depan ii-xvi (Abstrak, kata pengantar dll).pdf Download (199kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanHasil Belajar SBK Melalui Alat Musik Rekorder Pada Siswa Kelas IV SDN Kebon Baru 09 Jakarta Selatan. Penelitian tindakan ini dilakukan untuk melihat efektifitas tindakan pembelajaran dalam Belajar SBK Melalui Alat Musik Rekorder SDN penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Kebon Baru 09 Jakarta Selatan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Meisampai dengan Junitahun pelajaran 2015/2016. Pada penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Dalam siklusnya menggunakan metode dengan model siklus Kemmis dan Taggart. Maksudnya adalah pada model ini terdapat tahap perencanaan (planning),tindakan (acting), pengamatan (observing),dan refleksi (reflecting). Dan untuk pengumpulan datanya digunakan instrumen tes dan instrumen non tes dengan berupa instrumen pemantau tindakan dan catatan lapangan.pada tindakan pembelajaran meningkatkan Hasil Belajar SBK Melalui Alat Musik Rekorderternyata menunjukkan adanya peningkatan sesuai yang diharapkan. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan Hasil Belajar SBKyaitu meningkat dari Jumlar rata-rata dari dua pertemuanpadaetiap siklusnyasebesar 60%pada siklusIdanpadasiklusIIyaitu81%sehingga mengalami kenaikan sebesar 21%. Sementara pemantauan tindakan dalam proses pembelajaran Melalui Alat Musik Rekordermeningkat dari hasil rata-rata dua pertemuan sebesar 44,99%pada siklus Ike 78,33%pada siklus IIsehingga mengalami kenaikansebesar.Berdasarkan prosentase data pemantauan tersebut dapat disimpulkan bahwa Melalui Alat Musik Rekorderdapat meningkatkan Hasil Belajar SBKDi Kelas IVSDN Kebon Baru 09 Jakarta Selatan. Implikasi penelitian ini adalah melalui alat musik rekorder, siswa mendapatkan pengalaman belajar yang konkret dan nyata sehingga siswa tidak merasa bosan dalam setiap pembelajaran. Siswa dapat lebih memahami materi yang diberikan karena siswa dibawa secara langsung dalam proses pembelajaran. Jika timbul ketertarikan dan minat dari dalam diri siswa yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Satrio, M.Pd ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 15:10 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 15:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8034 |
Actions (login required)
View Item |