PEMBINAAN KESADARAN HUKUM TERHADAP NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK(Studi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I, Tangerang)

Adnan Hadi Ambadar, . (2016) PEMBINAAN KESADARAN HUKUM TERHADAP NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK(Studi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I, Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat residivis atau pengulangan tindak kejahatan menunjukkan tingkat yang tinggi, artinya anak yang telah lulus dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak kembali menjadi anak pidana. Selain itu Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 mengamanatkan hak-hak anak selaku generasi penerus bangsa yang harus dijaga dan dijunjung tinggi eksistensinya.Dalam proses penelitian ini, peneliti melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung padaobjek penelitian. Observasi dilakukan guna mengamati proses kegiatan pembinaankesadaran hukum, sedangkan wawancara dilakukan pada Informan yakni anak didik pemasyarakatan di LKPA Tangerang dan Key Informan yakni pembina dan petugas LPKA Tangerang serta dokumentasi yang dilakukan guna menunjang data-data yang berkaitan dengan pembinaan kesadaran hukum di LPKA Tangerang.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembinaan Kesadaran Hukum Narapidana Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Tangerang, menunjukkan pelaksanaan metode yang dilaksanakan dalam pembinaan kesadaran hukum antara lain: a) Persuasif yang tergambar pada ketertarikan anak didik serta ajakan yang dilakukan oleh pemateri. b) Edukatif yang tergambar dari pemberian informasi tentang aturan hukum, hak dan kewajiban, serta contoh tindakan taat hukum. c) Komunikatifyang terlihat dalam interaksi antara pemateri dengan peserta, suasana kekeluargaan yang bebas dan terbuka serta penggunaan bahasa yang sesuai. d) Akomodatif yang tergambar pada kegiatan sharing, pengajuan pertanyaan pada pemateri, serta pemberian jawaban dan solusi pada anak didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M. JaparM. Si ; 2). Dwi Afrimetty Timoera S.H., M.H.
Subjects: Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 Jul 2020 16:01
Last Modified: 08 Jul 2020 16:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/8082

Actions (login required)

View Item View Item